Produksi Minyak OPEC Meningkat di Mei 2017

   •    Rabu, 14 Jun 2017 08:00 WIB
minyak mentahopec
Produksi Minyak OPEC Meningkat di Mei 2017
Ilustrasi (REUTERS/Heinz-Peter Bader)

Metrotvnews.com, Wina: Produksi minyak OPEC mengalami peningkatan pada Mei 2017. Kenaikan itu bisa terjadi meski ada kesepakatan mengenai penurunan produksi pada bulan lalu, laporan kartel tersebut menunjukkan.

Mengutip Antara, Rabu 14 Juni 2017, laporan bulanan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) menunjukkan bahwa didorong oleh peningkatan produksi Nigeria, produksi minyak kartel mencapai 32,139 juta barel per hari.

Tingkat produksi tersebut, 336.000 barel per hari lebih tinggi dari produksi pada April, yang juga merupakan tingkat tertinggi sejak kartel mulai menerapkan kesepakatan pemotongan produksi pada Januari. Pagu produksi minyak OPEC yang disepakati adalah 32,5 juta barel per hari.

Di sisi lain, para investor juga memperhatikan dengan seksama petunjuk tentang bagaimana bank sentral berencana untuk melepas neraca yang besar yang mencapai USD4,5 triliun. Tentu hal itu sedikit banyak akan memberikan efek tersendiri.

Di sisi ekonomi, Indeks Harga Produsen (PPI) untuk permintaan akhir tidak berubah pada Mei, disesuaikan secara musiman, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan. Pada basis yang tidak disesuaikan, indeks permintaan akhir meningkat 2,4 persen untuk 12 bulan yang berakhir pada Mei.

"Harga grosir sedikit moderat pada Mei, namun tren kenaikan harga inti belum berbalik. Sementara itu, penurunan inflasi konsumen -di AS dan secara global- tidak mungkin didorong oleh PPI kecuali jika PPI meningkat lebih jauh," kata Chris Low, kepala ekonom FTN Financial, dalam sebuah catatan.

 


(ABD)