Ekonomi AS Diperkirakan Hanya Tumbuh 2,9% di Kuartal III-2016

Angga Bratadharma    •    Rabu, 21 Sep 2016 11:21 WIB
ekonomi amerika
Ekonomi AS Diperkirakan Hanya Tumbuh 2,9% di Kuartal III-2016
Gedung Federal Reserve (REUTERS/Kevin Lamarque)

Metrotvnews.com, New York: Ekonomi Amerika Serikat (AS) berada pada jalur yang sesuai untuk tumbuh pada angka 2,9 persen secara tahunan di kuartal III-2016. Hal itu seperti perkiraan Atlanta Federal Reserve pada Selasa setelah ada data resmi tentang harga konsumen dan data mulainya pembangunan rumah pertama.

Pada kuartal III-2016, estimasi Produk Domestik Bruto (PDB) terbaru lebih rendah dari angka 3,0 persen yang dihitung pada 15 September, Atlanta Federal Reserve mengatakan disitusnya, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (21/9/2016).

Sementara perkiraan pertumbuhan investasi nyata residensial di kuartal III-2016 tetap berada di angka minus 6,3 persen menyusul pada Agustus perumahan mulai dibangun sesuai rilis data sebelumnya pada Selasa.

Rumah pertama AS mulai mengalami perlambatan ke 5,8 persen pada laju tahunan yang disesuaikan secara musiman ke 1,14 juta unit pada Agustus, Departemen Perdagangan AS menyebut. Kondisi ini tentu menjadi pertimbangan bagi Federal Reserve dalam menaikkan suku bunganya.

Sedangkan proyeksi kuartal III-2016, pertumbuhan belanja konsumen secara riil akan mengalami penurunan tipis menjadi 3,0 persen dari angka sebelumnya di 3,1 persen pada rilis Jumat lalu di Agustus atas Indeks Harga Konsumen (IHK).

Departemen Tenaga Kerja mengatakan CPI naik 0,2 persen bulan lalu setelah tidak berubah pada Juli. Perkiraan PDB Atlanta Fed terus jatuh terhadap perekonomian AS sejalan dengan data resmi yang ada cukup lemah mengingat perkiraan awal di kuartal III-2016 pertumbuhan AS pada 3,6 persen.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA