Mengunjungi Beijing

Trump Bidik Kesepakatan Korporasi AS-Tiongkok

Angga Bratadharma    •    Kamis, 09 Nov 2017 10:33 WIB
ekonomi amerikaekonomi chinationgkokas-tiongkok
Trump Bidik Kesepakatan Korporasi AS-Tiongkok
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Beijing untuk kunjungan resmi pertamanya ke Tiongkok, berkaitan dengan Korea Utara dan miliaran dolar dalam kesepakatan perdagangan tinggi pada agenda tersebut. Hal ini juga sejalan dengan kebijakan untuk menekan defisit perdagangan AS.

Trump dan First Lady Melania akan menghabiskan dua hari di Ibu Kota Tiongkok, yang diterima langsung oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, yang oleh pejabat senior Tiongkok digambarkan sebagai kunjungan kenegaraan.

Analis mengatakan KTT tersebut akan menampilkan banyak kemegahan, upacara dan kesepakatan perusahaan, namun kemungkinan sedikit kemajuan substantif mengenai ketidakseimbangan perdagangan dan investasi antara dua ekonomi terbesar di dunia. Demikian juga sedikit yang mengharapkan banyak kemajuan dalam mengatasi masalah Korea Utara.

Trump telah memberi isyarat bahwa perjalanan ini akan berbeda dengan kunjungan Presiden AS sebelumnya ke Tiongkok, yang biasanya mencakup pertemuan dengan perwakilan hak asasi manusia, yang membuat jengkel tuan rumah Tiongkok. Jadwal Trump tidak mengacu pada pertemuan semacam itu.



Shen Dingli, seorang profesor studi Amerika di Universitas Fudan di Shanghai, mengatakan pertemuan semacam itu sangat tidak mungkin terjadi. Langkah semacam itu akan menghalangi agenda (Trump) untuk membuat orang Amerika hebat lagi.

"Ini akan mengganggu Tiongkok, dan ini sepertinya Trump tidak akan melakukannya," ungkap Dingli, seperti dilansir CNBC, Kamis 9 November 2017.

Sebagai gantinya, Trump mengucapkan selamat kepada Xi atas pengangkatannya kembali sebagai pemimpin tertinggi oleh Kongres Partai Komunis ke-19 pada bulan lalu, melakukan tweeting sebelum melintas ke Beijing: "Saya sangat berharap dapat bertemu dengan Presiden Xi, yang baru saja memenangkan kemenangan politiknya yang besar."

Item pertama dalam rencana perjalanan tersebut adalah tur Kota Terlarang Beijing, bekas kediaman kekaisaran di Beijing. Trump dan First Lady Melania dijadwalkan untuk menghadiri makan malam pribadi bersama Xi dan Peng, dengan pertemuan yang lebih substantif antara dua presiden yang dijadwalkan pada Kamis.

 


(ABD)