Visi Komunitas ASEAN 2025 Siap Meluncur

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 12 Nov 2017 16:15 WIB
ktt aseanasean
Visi Komunitas ASEAN 2025 Siap Meluncur
Logo peringatan 50 tahun ASEAN. (FOTO: dokumentasi Setkab)

Manila: Para pemimpin tingkat tinggi ASEAN akan meluncurkan Masterplan Konektivitas ASEAN 2025, di Hotel Marriot, Manila, Filipina, Minggu 12 November 2017.

Hal ini dilakukan menjelang pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ke-31 di Philippines International Convention Center (PICC), Senin 13 November 2017.

Sementara para malam harinya akan digelar Gala Dinner Spesial memperingati Ulang Tahun ke-50 ASEAN di SMX Convention Center, Manila, yang akan dihadiri oleh para kepala negara dan kepala pemerintahan ASEAN.

Melansir laman Setkab, Minggu 12 November 2017, Visi Komunitas ASEAN 2025 adalah komunitas yang stabil dan tangguh dengan kapasitas yang dapat ditingkatkan untuk merespons secara efektif tantangan.

Selain itu, ASEAN dipandang sebagai yang memiliki pandangan keluar dalam komunitas global, sambil mempertahankan ASEAN secara terpusat. Visi Komunitas ASEAN 2025 terdiri atas tiga pilar kerja sama ASEAN, yaitu:

1. Komunitas Keamanan Politik ASEAN 2025:
a. Sebuah komunitas berbasis aturan, berorientasi pada orang, dan berpusat pada masyarakat.
b. Sebuah komunitas yang tangguh, di daerah yang damai, aman dan stabil.
c. Sebuah komunitas dengan kapasitas kelembagaan yang diperkuat.

2. Komunitas Ekonomi ASEAN 2025:
a. Ekonomi yang sangat terintegrasi dan kohesif.
b. ASEAN yang kompetitif, inovatif, dan dinamis.
c. Peningkatan konektivitas dan kerja sama sektoral.
d. Yang tangguh, inklusif, berorientasi pada orang, dan orang-orang yang berpusat pada ASEAN.

3. Komunitas Sosial Budaya ASEAN:
a. Termasuk komunitas yang mempromosikan kualitas hidup yang tinggi, akses yang setara terhadap peluang untuk semua dan mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia.
b. Masyarakat berkelanjutan yang mempromosikan pembangunan sosial dan perlindungan lingkungan melalui mekanisme yang efektif; masyarakat yang dinamis dan harmonis sadar dan bangga akan identitas, budaya dan warisannya.
c. Masyarakat yang tangguh dengan komunitas dan kemampuan yang ditingkatkan untuk menyesuaikan dan merespons kerentanan sosial dan ekonomi, bencana, perubahan iklim serta ancaman dan tantangan yang muncul.
d. Komunitas yang dinamis dan harmonis, sadar dan bangga identitas, budaya dan warisan.

Di sisi lain, bersamaan dengan penyelenggaraan KTT ke-31 ASEAN  ini juga digelar sejumlah kegiatan KTT, di antaranya KTT ke-5 ASEAN-Amerika Serikat (AS) sekaligus Ulang Tahun Hubungan ASEAN-AS, KTT ke-20 ASEAN-Tiongkok.

Kemudian KTT ke-19 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-20 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-9 ASEAN-PBB. KTT ke-31 ASEAN dan rangkaian KTT lainnya yang digelar di sela-sela penyelenggaraan KTT ASEAN akan ditutup pada Selasa 14 November 2017 sekaligus dengan penyerahan keketuaan ASEAN kepada Pemerintah Singapura.

 


(AHL)