WTO Siap Jaga Tatanan Perdagangan Global

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 01 Sep 2018 16:04 WIB
perdagangan bebaswto
WTO Siap Jaga Tatanan Perdagangan Global
World Trade Organization (Foto: World Trade Organization)

Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo mengungkapkan perdagangan global berada dalam ancaman di tengah perang dagang yang sedang berlangsung. Perlu ada upaya atau sebuah tindakan guna mencegah efek negatif merambat ke hal lain mengingat perdagangan berperan penting dalam struktur perekonomian.

Data WTO menunjukkan eskalasi tajam terjadi usai langkah-langkah pembatasan perdagangan selama enam bulan terakhir. "Eskalasi akan berisiko dan dampaknya terhadap ekonomi besar termasuk mengancam pekerjaan dan pertumbuhan di semua negara serta memukul yang termiskin," kata Azevedo, seperti dilansir dari Xinhua, Sabtu, 1 September 2018.

"Sejumlah langkah-langkah fasilitasi impor juga dicatat selama periode yang sama, tetapi yang terpenting adalah nilai perdagangan yang dicakup oleh langkah-langkah ini menurun, sedangkan cakupan tindakan pembatasan meningkat dengan cepat," tambahnya.



Azevedo mengatakan seluruh komunitas internasional memiliki tanggung jawab untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Dia mengaku telah berkonsultasi dengan pemerintah dan para pemimpin di seluruh dunia serta mendesak dialog dan mengeksplorasi langkah-langkah untuk melepaskan diri dari situasi saat ini.

"Saya menyerukan kepada semua orang yang percaya perdagangan sebagai kekuatan untuk kebaikan, dan bahwa aturan perdagangan global merupakan fondasi penting bagi stabilitas ekonomi dan kemakmuran. Diam terbukti merusak seperti tindakan yang mengarah pada perang dagang," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mencatat, ada beberapa tanda kemajuan karena orang-orang mulai berbicara mengenai persoalan perdagangan sekarang ini. "Para pemimpin dan asosiasi bisnis menyerukan kepada pemerintah untuk menahan diri dari memasang hambatan baru. Mereka meminta pemerintah untuk bernegosiasi dan mencari solusi," pungkasnya.

 


(ABD)