Ekonomi Jepang Tumbuh 0,6% di Kuartal II-2017

Angga Bratadharma    •    Jumat, 08 Sep 2017 10:41 WIB
ekonomi jepang
Ekonomi Jepang Tumbuh 0,6% di Kuartal II-2017
Bendera Jepang (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jepang: Perekonomian Jepang mengalami pertumbuhan sebanyak 0,6 persen pada kuartal II-2017, data resmi menunjukkan. Pertumbuhan yang positif itu menandai periode terpanjang ekspansi di lebih dari satu dekade untuk ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Mengutip AFP, Jumat 8 September 2017, angka terakhir direvisi turun dari perkiraan awal 1,0 persen namun masih merupakan kinerja yang kuat dari ekonomi pembangkit tenaga listrik Asia, kata para analis. Tentu ada harapan agar negara ini bisa terus melanjutkan pertumbuhan ekonominya di masa mendatang.

Perekonomian Jepang telah meningkat, terutama didukung oleh lonjakan ekspor termasuk komponen smartphone dan chip memori, dengan investasi terkait dengan Olimpiade Tokyo 2020 juga memberi dorongan pertumbuhan.

Kepala Ekonom Dai-ichi Life Research Institute Yoshiki Shinke mengatakan bahwa pertumbuhan yang kuat kemungkinan akan berlanjut, meskipun kekhawatiran mengenai Korea Utara akan tetap ada.

"Ke depan, tentu saja kita memiliki masalah Korea Utara yang sulit diprediksi, namun tidak ada kekhawatiran atau risiko yang mendesak sehingga ekonomi kemungkinan akan terus berlanjut," katanya.

Perekonomian tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 2,5 persen dan didorong oleh permintaan domestik dan investasi perusahaan yang kuat, yang mengimbangi penurunan ekspor kuartalan. Namun, investasi perusahaan jauh lebih lemah dari angka sementara, dengan data terakhir menunjukkan pertumbuhan 0,5 persen, dibandingkan dengan angka awal 2,4 persen.

Pasar tenaga kerja Jepang sangat ketat dan kepercayaan bisnis tinggi namun upaya untuk mengangkat inflasi sebagian besar jatuh datar meski tahun-tahun pelonggaran moneter agresif oleh Bank of Japan.


(ABD)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA