Tiongkok Bantah Investasi Investor Asing Dipersulit

Angga Bratadharma    •    Selasa, 20 Sep 2016 19:14 WIB
ekonomi china
Tiongkok Bantah Investasi Investor Asing Dipersulit
Ilustrasi (Reuters/Bobby Yip)

Metrotvnews.com, New York: Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tiongkok mengkritik iklim investasi asing terbilang bias serta lebih sulit bagi perusahaan di luar negeri untuk berinvestasi di Tiongkok dibandingkan dengan perusahaan Tiongkok berinvestasi di luar negeri.

"Kenapa ada keluhan? Karena perusahaan asing di Tiongkok yang mengandalkan biaya rendah dan perlakuan istimewa kini sedang berjuang," kata Juru Bicara Kemendag Tiongkok Shen Danyang, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/9/2016).

Menurutnya investor asing yang menilai investasi di Tiongkok sulit tidak benar. Sebab, perusahaan asing di Tiongkok terus mengedepankan inovasi dan kreativitas, termasuk terus meningkatkan daya saing melihat iklim investasi semakin kondusif sekarang ini.

"Perusahaan yang mengandalkan kebijakan preferensial untuk membuat uang lebih mudah, merasa lingkungan memburuk. Tapi untuk perusahaan dengan pandangan nyata ke depan dan daya saing nyata akan merasa bahwa lingkungan investasi telah meningkat. Lingkungan investasi luar negeri Tiongkok tidak memburuk," kata Danyang.

Ia menegaskan bahwa prospek perdagangan Tiongkok tetap tangguh dan Pemerintah Tiongkok optimistis terkait prospek perdagangan ini. Sebab, pemerintah melihat situasi dan kondisi terkini termasuk perbaikan ekonomi sudah dilakukan.

"Prospek perdagangan Tiongkok tetap tangguh dan pemerintah tidak membabi buta," tegasnya.

Tiongkok pun diminta untuk lebih terbuka dan memerlukan langkah melawan proteksionisme. Sayangnya, hal itu masih memberikan keterbatasan akses bagi investor asing. Sebuah keprihatinan bagi investor di Tiongkok adalah meningkatnya kesulitan melakukan bisnis di Tiongkok.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA