Menkeu Prancis Optimistis tentang Kesepakatan Ekonomi Yunani

Angga Bratadharma    •    Rabu, 14 Jun 2017 07:15 WIB
ekonomi yunani
Menkeu Prancis Optimistis tentang Kesepakatan Ekonomi Yunani
Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras (kiri) bertemu dengan Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire (REUTERS/Costas Baltas)

Metrotvnews.com, Athena: Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire menyatakan optimisme tentang Yunani yang akan mencapai kesepakatan mengenai pinjaman baru dari kreditor Eropa. Kondisi itu setelah melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Yunani dan Perdana Menteri Alexis Tsipras di Athena.

"Saya ingin menggarisbawahi bahwa kami melakukan yang terbaik dengan negara-negara anggota zona euro lainnya, dengan IMF, dengan Pemerintah Yunani, dan saya optimis. Saya pikir kita tidak jauh dari kesepakatan," kata Le Maire, kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters, Rabu 14 Juni 2017.

Dan karena pihaknya tidak jauh, lanjutnya, maka pihaknya harus benar-benar melakukan yang terbaik dalam dua hari ke depan. "Tentunya untuk membuka jalan bagi kesepakatan tersebut," ujar Le Maire, seraya memuji Pemerintah Yunani atas reformasi yang dilakukan pada bulan-bulan terakhir.

Parlemen Yunani menyetujui reformasi yang diminta oleh kreditor internasional negara tersebut untuk mengakhiri sebuah tinjauan yang macet terhadap kemajuan bailout dan memenuhi syarat guna mendapatkan lebih banyak pinjaman yang diperlukan untuk membayar utang yang jatuh tempo pada Juli.

Menteri keuangan zona euro bertemu di Luksemburg pada 15 Juni untuk membahas kemajuan reformasi Yunani dan langkah-langkah untuk mengurangi utangnya, yang mencapai sekitar 180 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) setelah tujuh tahun mengalami krisis.

Sebelumnya, kreditur Yunani perlu mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah bantuan utang pada pertemuan Menteri Keuangan Zona Euro berikutnya di Juni. Hal itu menjadi penting guna membantu negara tersebut kembali ke pasar obligasi dan menyelesaikan sejumlah persoalan yang dimiliki.

Menteri Keuangan Zona Euro gagal menyetujui Dana Moneter Internasional atau International Monetery Fund (IMF) pada pekan lalu mengenai bantuan utang Yunani dan juga gagal melepaskan pinjaman baru ke Athena. Namun, mereka cukup dekat untuk melakukan keduanya pada pertemuan di Juni.

 


(ABD)