Emas Dunia Perkasa di Tengah Sengketa Perdagangan AS-Tiongkok

   •    Selasa, 10 Jul 2018 07:31 WIB
harga emasemaskomoditasekonomi dunia
Emas Dunia Perkasa di Tengah Sengketa Perdagangan AS-Tiongkok
Ilustrasi (SEBASTIAN DERUNGSSEBASTIAN DERUNGS/AFP)

Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange lebih tinggi pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB). Hal itu terjadi karena investor beralih ke pembelian safe haven di tengah gesekan perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

Mengutip Antara, Selasa, 10 Juli 2018, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus, naik sebanyak USD3,8 atau 0,3 persen menjadi ditutup pada USD1.259,6 per ons. Eskalasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok sepertinya telah memicu selera terhadap aset-aset safe haven seperti emas.

Para investor sangat khawatir tentang dampak dari gesekan perdagangan antara dua ekonomi teratas dunia, setelah Amerika Serikat mulai memberlakukan tarif tambahan 25 persen pada produk-produk impor dari Tiongkok senilai USD34 miliar pada Jumat 6 Juli.



Sedangkan dolar Amerika Serikat (USD) diperdagangkan lebih tinggi pada akhir perdagangan Senin 9 Juli, tetapi telah turun sebanyak 0,5 persen sejauh bulan ini. Pelemahan greenback dapat membuat aset-aset dipatok dalam USD, termasuk emas, lebih menarik bagi pembeli yang menggunakan unit moneter lainnya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September bertambah 7,0 sen AS atau 0,44 persen menjadi menetap di USD16,139 per ons. Platinum untuk penyerahan Oktober naik sebanyak USD4,9 atau 0,58 persen menjadi ditutup pada USD853,5 per ons.

 


(ABD)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

1 hour Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA