Tiongkok Klaim Mampu Mempertahankan Pertumbuhan Ekonomi yang Stabil

Angga Bratadharma    •    Jumat, 06 Jul 2018 15:04 WIB
ekonomi chinationgkok
Tiongkok Klaim Mampu Mempertahankan Pertumbuhan Ekonomi yang Stabil
Ilustrasi (AFP PHOTO/GREG BAKER)

Beijing: Tiongkok mengklaim mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang stabil dengan pembangunan berkualitas tinggi meskipun ketidakpastian tengah terjadi dalam ekonomi global. Tidak ditampik, keputusan pengenaan tarif impor yang tinggi oleh Amerika Serikat kepada Tiongkok bisa memberikan efek terhadap perekonomian.

"Perekonomian telah stabil dan sehat tahun ini," kata Kepala Biro Statistik Nasional (NBS) Ning Jizhe, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat, 6 Juli 2018.

Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat 6,8 persen secara tahun ke tahun di kuartal I-2018 dan diperkirakan akan berkinerja sama di kuartal II-2018. Ketenagakerjaan stabil dan inflasi cukup jinak. Pemerintah Tiongkok siap menjaga stabilitas seiring dengan upaya memitigasi risiko.

Hasil produksi di sektor manufaktur untuk peralatan dan teknologi tinggi tumbuh yakni masing-masing 5,1 dan 2,4 poin persentase atau lebih cepat daripada rata-rata industri dalam lima bulan pertama, dengan meningkatnya produksi kendaraan energi baru dan robot industri.



"Situasi yang rumit memerlukan pengaturan ekonomi, kebijakan fiskal proaktif, dan kebijakan moneter yang bijaksana," kata Ning.

Selain itu, Ning menyoroti reformasi struktural sisi penawaran dalam mempertahankan pertumbuhan. Pemanfaatan kapasitas industri mencapai 76,5 persen pada kuartal pertama di tahun ini, naik 0,7 poin persentase dari tahun lalu. Reformasi pengawasan pasar, lanjutnya, mengurangi beban pada bisnis dan pembangunan daerah terkoordinasi juga cukup signifikan.

Kepala NBS mengakui Tiongkok menemukan dirinya dalam keadaan yang kompleks tetapi ekonomi tetap stabil. "Setelah bertahun-tahun penyesuaian, lanskap ekonomi telah mengalami perubahan besar karena permintaan internal telah muncul sebagai kekuatan pendorong ekonomi utama," pungkas Ning.

 


(ABD)