Pemberitaan Media Asing soal IMF-WB jadi Sentimen untuk Indonesia

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 13 Oct 2018 23:38 WIB
IMF-World Bank
Pemberitaan Media Asing soal IMF-WB jadi Sentimen untuk Indonesia
Agenda pertemuan tahunan IMF-WB 2018. (FOTO: ilustrasi Medcom.id/Ade HL)

Nusa Dua: Perhelatan IMF-World Bank 2018 menuai pujian. Maraknya pemberitaan dari media asing menjadi sentimen positif untuk Indonesia.

Ekonom A Prasetyantoko pemberitaan yang luas dari media asing ini menjadi sentimen yang baik untuk memposisikan Indonesia pada tempat yang benar.

"Kita tahu bahwa salah satu masalah ekonomi adalah sentimen. Saya kira pemberitaan ini menjadi salah satu sentimen yang sangat baik. Coverage-nya luas," kata dia saat konferensi pers pencapaian IMF-WB 2018, di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Dia menuturkan, biasanya pemberitaan media asing hanya dilakukan oleh beberapa saja seperti Bloomberg dan CNBC yang berbasis ekonomi. Namun media asing non-mainstream di bidang ekonomi seperti Deusthwelles, TV5 Prancis, NHK Jepang juga melakukan kajian pasar yang mengacu pada agenda ini.

"Kalau kita melihat bahwa salah satu keputusan-keputusan investasi juga di-drive oleh sentimen yang positif. Dan saya kira bisa melihat paling tidak nilai tukar indeks kita tidak lebih buruk. Itu penting. Membaik sedikit," jelasnya.

Sehingga, agenda berskala internasional tersebut bisa menjadi counter cycle bagi Indonesia yakni keadaan ketika sedang menghadapi siklus yang tidak terlalu menguntungkan bagi Indonesia karena tekanan-tekanan eksternal.

 


(AHL)