Tiongkok-Kanada Teken Kerja Sama Perdagangan

Angga Bratadharma    •    Rabu, 06 Dec 2017 12:03 WIB
kejahatan kanadaekonomi chinationgkok
Tiongkok-Kanada Teken Kerja Sama Perdagangan
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (AFP PHOTO/Fred DUFOUR)

Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menandatangani tiga kesepakatan perdagangan. Hal itu dilakukan karena Ottawa mencoba untuk melakukan diversifikasi hubungan komersial di tengah perundingan keras NAFTA dengan Washington.

Pada sebuah upacara di Aula Besar Rakyat, kedua pemimpin tersebut menandatangani sebuah rencana aksi mengenai kerja sama energi serta dua memorandum pemahaman tentang produk makanan dan prakarsa pembelajaran Kanada. Namun, rincian kesepakatan tersebut tidak jelas.

"Peluang untuk memperdalam hubungan ekonomi dan orang-ke-orang kita sangat luar biasa. Kanada sangat tertarik untuk terlibat lebih jauh dan melakukan perdagangan di Pasifik dan saya tahu kami akan terus melakukan diskusi yang bagus dan bermanfaat," kata Trudeau, dalam sambutannya, seperti dikutip dari AFP, Rabu, 6 Desember 2017.

Li mengatakan pada Trudeau bahwa jarang sekali Tiongkok memiliki hubungan dekat dan intim dengan negara lain. "Hubungan Tiongkok-Kanada memang menuju ke tahap keemasan," katanya. Li mengunjungi Ottawa pada September tahun lalu, ketika kedua belah pihak sepakat untuk menggandakan perdagangan bilateral pada 2025.

Selama kunjungan resmi 3-7 Desember, Trudeau akan mempromosikan agenda perdagangan progresif dan inisiatif pariwisata, menurut kantornya. Dia akan bertemu dengan pemimpin pemerintah dan bisnis sebagai bagian dari dorongan bersama Kanada untuk melakukan diversifikasi perdagangannya, yang sebagian besar saat ini dengan Amerika Serikat.

Trudeau juga merencanakan diskusi penuh dan terbuka mengenai isu-isu seperti pemerintahan yang baik, hak asasi manusia, dan peraturan hukum. Kunjungan ke Tiongkok adalah yang kedua kalinya bagi Trudeau sejak dia berkuasa dua tahun lalu, dan datang saat perundingan trilateral dengan Amerika Serikat dan Meksiko untuk mengubah NAFTA  tampaknya jalan buntu.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA