Investor Cemas Menunggu Hasil Keputusan Pertemuan BoJ

Angga Bratadharma    •    Rabu, 21 Sep 2016 08:37 WIB
ekonomi jepang
Investor Cemas Menunggu Hasil Keputusan Pertemuan BoJ
Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda (REUTERS/Kim Kyung Hoon)

Metrotvnews.com, London: Bank of Japan (BoJ) akan melakukan pertemuan kebijakan selama dua hari yang berakhir pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB), dengan investor cemas menunggu hasil dari tinjauan kebijakan komprehensif yang dapat mengatur jalannya program stimulus moneter dari Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda di masa mendatang.

Namun, pertanyaan terbesarnya adalah apakah BoJ bersedia untuk meningkatkan skala pembelian aset atau menurunkan suku bunga negatif lebih lanjut. Dengan tidak memutuskan apa-apa pada pertemuan sebelumnya, membuat beberapa harga konsumen jatuh dan telah memicu bahwa alat kebijakan utama BoJ akan menjalankan kebijakan sesuai batas mereka.

Survei yang dilakukan Bloomberg kepada para ekonom memperkirakan BoJ akan mengumumkan perluasan stimulus moneter lebih lanjut. Sebagian ekonom memperkirakan aksi akan dilakukan di bulan yakni November, Desember, atau di tahun depan. Sementara beberapa yang lain memprediksi ada pelonggaran tambahan.

"Ini akan menjadi pertemuan paling penting bagi BoJ dalam beberapa waktu. Setiap kekecewaan akan memicu apresiasi yen dan akan membuat pekerjaan BoJ mencapai target inflasi dua persen, bahkan lebih sulit," kata Kepala Ekonom Pasar di Tokyo untuk Mizuho Bank Daisuke Karakama, seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (21/9/2016).

Setiap komitmen BoJ melemah telah mendorong lebih lanjut penguatan yen dan memberikan beban terhadap gerak saham. Sementara dorongan kebijakan dari Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda dapat melembutkan mata uang dan mendukung gerak saham Jepang lebih positif.

Kemungkinan besar pilihan BoJ untuk setiap langkah akan mendorong suku bunga acuan masuk lebih jauh ke wilayah negatif, menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Kebijakan suku bunga, yang berlaku sekarang ini berada di posisi minus 0,1 persen.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA