JPMorgan Ungkap Faktor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok

Angga Bratadharma    •    Jumat, 08 Dec 2017 12:02 WIB
ekonomi chinationgkok
JPMorgan Ungkap Faktor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok
Ilustrasi (Mark Ralston/AFP)

Beijing: Konsumsi dan inovasi akan menjadi dua pendorong pertumbuhan utama di Tiongkok pada tahun-tahun mendatang. Kondisi itu terjadi karena raksasa ekonomi tersebut bergerak ke tahap ekspansi berikutnya. Tentu hal itu dilakukan dengan memitigasi risiko agar krisis yang datang bisa ditekan sedemikian rupa.

"Dalam tiga tahun ke depan, konsumsi Tiongkok akan tumbuh dari USD4 triliun sampai USD6 triliun saat ini, sebuah tambahan yang kira-kira setara dengan ukuran pasar konsumen Jerman, kata Managing Director JPMorgan Chase dan Wakil Ketua Asia Pasifik Jing Ulrich, seperti dikutip dari CNBC, Jumat, 8 Desember 2017.

Pada inovasi, Pemerintah Tiongkok tidak hanya mendorong perusahaan teknologi untuk pergi ke luar negeri, namun juga mendesak industri lama seperti manufaktur untuk mengadopsi cara baru dalam berbisnis. Itu akan mengangkat prospek pertumbuhan negara, tambah Ulrich, yang merupakan pakar terkenal ekonomi terbesar kedua di dunia.

Berbicara dari sela-sela Fortune Global Forum di Guangzhou, Tiongkok, Ulrich menyoroti penemuan terbaru Tiongkok yang merupakan sistem pembayaran Tiongkok dan nomor satu di dunia dalam hal ukuran dan kecanggihan, dan juga ekonomi bersama. "Jadi, kami benar-benar melihat inovasi dan memegang keseluruhan ekonomi," tuturnya.

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok telah melampaui ekspektasi tahun ini, dibantu oleh pemulihan ekspor secara global. Itu telah mendorong pendapatan perusahaan dan membiarkan negara tersebut mengurangi leverage keuangan, yang telah menjadi sumber utama kekhawatiran di kalangan investor.

Semakin banyak perusahaan di industri baja bermasalah, sumber utama utang berisiko dalam ekonomi Tiongkok, sekarang menguntungkan kata Ulrich. Dia mencatat bahwa 85 persen perusahaan baja menghasilkan uang hari ini, dibandingkan hanya lima persen pada dua tahun yang lalu.

 


(ABD)