Bank Sentral Argentina Sambut Berkurangnya Tekanan ke Peso Argentina

   •    Minggu, 09 Sep 2018 16:21 WIB
argentina
Bank Sentral Argentina Sambut Berkurangnya Tekanan ke Peso Argentina
Argentina. Dok: AFP.

Bueno Aries: Pasar pertukaran uang mulai sedikit reda dalam dua hari terakhir setelah kenaikan bertahap dari mata uang peso Argentina terhadap dolar AS. Hal ini diutarakan Luis Caputo, presiden Bank Sentral Argentina (BCRA). Namun redanya tekanan ini belum berarti bahwa pasar belum bergejolak. 

Selama Konvensi ke 39 Institut Eksekutif Keuangan Argentina (IAEF) di kota Mendoza, Argentina Barat, Caputo mengatakan BCRA akan segera memberikan strategi baru untuk mengendurkan ketengan pasar. Ini merupakan bagian lelang dollar AS serta percakapan saat ini antara pemerintah Argentina dan tim ekonomi IMF. 

"Lelang berfungsi dengan baik di negara lain dan di sini hingga Juli. Tapi dalam dua minggu terakhir jelas bahwa di pasar yang disfungsional, lelang bukan alat terbaik," jelasnya dikutip dari XInhua, Minggu, 9 September 2018. 

"Pasar memahami pesan itu dan menemukan keseimbangan kemarin tanpa intervensi Bank Sentral," tambahnya.

Pada Kamis, dolar jatuh terhadap peso, ditutup dengan harga jual 38 peso di pasar publik. Namun, dia mengatakan bahwa kurs mengambang peso akan memungkinkan Argentina untuk mendapatkan kejutan lain.  

"Sekarang, kita bergerak menuju situasi yang lebih normal dan lebih tenang, tidak hanya di pasar mata uang, tetapi di pasar obligasi," tambahnya.

Caputo juga menjelaskan bahwa BCRA telah menunjukkan program moneter dan berdiskusi kepada IMF. Ini merupakan bagian dari percakapan yang dimulai minggu ini untuk meminta uang muka pencairan dari paket keuangan sebesar USD50 miliar. Argentina telah setuju dengan usulan IMF itu. 

 


(SAW)