Gerak Poundsterling Bergerak Melemah

Angga Bratadharma    •    Kamis, 01 Jun 2017 14:13 WIB
brexitekonomi inggris
Gerak Poundsterling Bergerak Melemah
Ilustrasi (REUTERS/Darren Staples)

Metrotvnews.com, London: Poundsterling turun lebih dari setengah persen terhadap dolar Amerika Serikat (USD) setelah sebuah jajak pendapat baru menemukan bahwa Partai Konservatif Perdana Menteri Inggris Theresa May berisiko tidak mencapai mayoritas secara keseluruhan dalam pemilihan nasional bulan depan.

Mengutip Reuters, Kamis 1 Juni 2017,  poundsterling turun 0,55 persen terhadap greenback dalam waktu sekitar 25 menit setelah rincian jajak pendapat diterbitkan oleh Times akhir Selasa. Ini terakhir diperdagangkan di USD1,2804 vs USD1,2862 sebelum berita tersebut disilangkan.

Berbeda dengan tanda-tanda dari serangkaian jajak pendapat yang telah menyarankan May's Conservatives akan meningkatkan mayoritas mereka, pemodelan konstituen-oleh-konstituensi baru oleh YouGov menunjukkan bahwa mungkin akan kehilangan 20 dari 330 kursi yang dipegangnya dan Partai Buruh oposisi dapat memperoleh hampir 30 Kursi.

Sebelumnya, Pemerintah Uni Eropa (UE) menyetujui sebuah rencana perundingan Brexit yang umum dan memperbarui desakan bahwa mereka tidak akan membuka pembicaraan mengenai kesepakatan perdagangan setelah Brexit. Hal itu akan dilakukan sampai London setuju untuk menyelesaikan apa yang dimilikinya terhadap Uni Eropa.

Para menteri dari 27 negara anggota UE lainnya bertemu di Brussels untuk menandatangani strategi dan mandat bersama eksekutif UE, dalam sebuah bentuk oleh juru bicara utama Brexit Michel Barnier, untuk memulai pembicaraan atas nama mereka setelah pemilihan 8 Juni Inggris. Strategi dan mandat diadopsi dengan suara bulat, kata beberapa pejabat.

Barnier berharap bisa duduk bersama dengan para pejabat Inggris untuk pertama kalinya dalam seminggu mulai Senin 19 Juni dan untuk melapor kepada para pemimpin Uni Eropa terkait perundingan dalam sebuah pertemuan puncak di 22-23 Juni, tepat setahun sejak Inggris mengejutkan dan memilih untuk pergi dalam sebuah referendum pada 23 Juni 2016.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA