Wall Street Diperkirakan Menguat Usai Macron Menang di Prancis

Angga Bratadharma    •    Senin, 08 May 2017 10:02 WIB
wall streetprancis
Wall Street Diperkirakan Menguat Usai Macron Menang di Prancis
Pedagang bekerja di lantai bursa New York Stock Exchange (NYSE) di New York, Amerika Serikat (REUTERS/Brendan McDermid)

Metrotvnews.com, New York: Indeks ekuitas Amerika Serikat (AS) menguat tipis pada Minggu waktu setempat (Senin WIB) setelah kemenangan oleh kandidat tengah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Prancis yang diawasi ketat, menunjukkan patokan S&P 500 dapat mendorong lebih jauh ke dalam wilayah rekor saat perdagangan dibuka kembali pada Senin pagi.

S&P 500 mini futures ESv1 terakhir mengalami kenaikan fraksional setelah perdagangan elektronik dibuka kembali untuk minggu ini pada Minggu sore. Futures awalnya berdetak sekitar 0,2 persen lebih tinggi tapi sejak dikupas beberapa keuntungan.

Langkah tersebut dilakukan setelah pemain tengah independen Emmanuel Macron, yang lebih memilih Prancis di dalam Uni Eropa, terpilih sebagai Presiden negara tersebut, dengan mudah mengalahkan tantangan dari kritikus Uni Eropa Marine Le Pen.

"Ini adalah kemenangan bagi Eropa dan ini merupakan kemenangan bagi pasar global," kata Ahli Strategi Pasar Prudential Financial Quincy Krosby, seperti dikutip dari Reuters, Senin 8 Mei 2017.



Pada Jumat S&P 500.SPX menandai penutupan tertinggi, karena saham energi kembali menguat seiring dengan harga minyak dan pemerintah melaporkan pertumbuhan lapangan kerja Amerika Serikat (AS) telah pulih pada April.

Kemenangan Macron dipandang sebagai faktor pendukung pasar ekuitas global yang memiliki beberapa kekhawatiran tentang arus nasionalisme dan proteksionisme dalam kontes politik baru-baru ini di kedua sisi Atlantik.

Sebelumnya, Emmanuel Macron akhirnya memenangkan kursi Presiden Prancis mengalahkan saingan terberatnya, Marine Le Pen. Dalam hasil pemungutan suara Macron memenangkan lebih dari 65 persen. Sementara Le Pen yang merupakan tokoh sayap kanan, hanya meraih sekitar 35 persen.

Segera setelah hasil penghitungan suara cepat usai, Macron memberikan pidato kepada di hadapan pendukungnya. Menurutnya kemenangan ini ada 'lembaran sejarah baru untuk Prancis'. "Kemenangan ini ada sebuah kehormatan besar sekaligus menjadi tanggung jawab besar, karena diraih dengan susah payah," ujar Macron.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA