Harga Energi AS Ambruk di Kuartal IV-2018

   •    Sabtu, 05 Jan 2019 16:01 WIB
minyak mentahekonomi amerika
Harga Energi AS Ambruk di Kuartal IV-2018
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Houston: Administrasi Informasi Energi atau Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat (AS) mencatat harga komoditas energi pada kuartal IV-2018 turun secara signifikan. Indeks energi spot di S&P Goldman Sachs Commodity Index (GSCI) mengakhiri tahun ini 21 persen lebih rendah dibandingkan dengan awal tahun.

Mengutip CNBC, Sabtu, 5 Januari 2019, meski semua komponen S&P GSCI turun pada 2018, tetapi indeks energi S&P GSCI turun lebih banyak dibandingkan dengan indeks lainnya. Penurunan tajam dalam harga minyak mentah dan produk minyak bumi pada kuartal keempat 2018 berkontribusi pada penurunan indeks energi S&P GSCI.

West Texas Intermediate (WTI) dan Brent, dua tolok ukur minyak mentah utama, menyumbang sebanyak 71 persen dari bobot dalam indeks energi S&P GSCI. Akibatnya, indeks energi cenderung mengikuti pergerakan harga utama di pasar minyak mentah.

Untuk sebagian besar di 2018, harga minyak mentah naik karena potensi peningkatan kendala pasokan dan penurunan persediaan minyak bumi global. Minyak mentah Brent mencapai level tertinggi empat tahun di posisi USD86 per barel pada 3 Oktober 2018.

Namun, beberapa faktor berkontribusi terhadap penurunan tajam harga minyak mentah berikutnya. Sementara itu, produksi minyak mentah di Amerika Serikat, Rusia, dan Arab Saudi meningkat atau mendekati rekor tertinggi.

Sedangkan kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan dampaknya terhadap permintaan minyak berkontribusi terhadap penurunan harga minyak mentah baru-baru ini. Produk berbasis minyak bumi menyumbang 22 persen dari indeks energi S&P GSCI pada 2018, dan gas alam menyumbang tujuh persen sisanya.

Komponen sebelumnya mengalami penurunan harga, sementara yang terakhir relatif stabil. S&P GSCI adalah rata-rata tertimbang dari harga komoditas yang dimaksudkan untuk mencerminkan jumlah produksi komoditas global dan volume perdagangan kontrak berjangka. Bobot yang terkait dengan komoditas individu dalam S&P GSCI diperbarui setiap tahun.


(ABD)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

2 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA