The Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga di Akhir Tahun

   •    Kamis, 22 Sep 2016 11:36 WIB
the fed
The Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga di Akhir Tahun
Gedung The Fed. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Washington: Bank sentral AS, Federal Reserve, mempertahankan suku bunga federal fund tidak berubah di tengah melemahnya data ekonomi dan inflasi lesu baru-baru ini. Tetapi mereka mengisyaratkan ada kenaikan suku bunga pada akhir tahun ini.

"Komite menilai bahwa alasan untuk meningkatkan suku bunga federal fund telah menguat, tetapi memutuskan, untuk saat ini, menunggu bukti lebih lanjut kemajuan berikutnya menuju targetnya," kata komite pembuatan kebijakan Fed dalam pernyataan yang dirilis setelah pertemuan dua hari, seperti dilansir dari Xinhua, Kamis (22/9/2016).

Gubernur Fed Lael Brainard dan Daniel Tarullo, keduanya baru-baru ini menyatakan bahwa bank sentral harus menunggu lebih banyak bukti inflasi berkelanjutan sebelum menaikkan suku bunga berikutnya. Indeks harga inti untuk pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), indikator yang disukai Fed untuk mengukur inflasi inti tidak termasuk makanan dan energi meningkat 1,6 persen pada Juli dari setahun lalu, masih di bawah target bank sentral 2,0 persen.

"Hampir sejak pergantian tahun, inflasi inti telah terjebak di 1,5 persen dengan benar-benar tidak ada tanda-tanda jelas bahwa itu akan bergerak naik lagi," kata David Stockton, mantan kepala ekonom Fed dan rekan senior di Peterson Institute of International Economics.

"Saya pikir alasan untuk kesabaran dan menunggu hanya sedikit lebih lama adalah untuk memastikan bahwa sebenarnya Fed berharap (inflasi) kembali ke 2,0 persen sebenarnya terlihat seperti sedang berlangsung," tambahnya, sebagaimana dikutip dari Antara.

Tetapi Presiden Fed Kansas City Esther George, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester dan Presiden Fed Boston Eric Rosengren semuanya memilih menentang pernyataan kebijakan itu, mengatakan mereka lebih suka untuk menaikkan suku pada pertemuan ini. Penentangan itu menggarisbawahi perdebatan kebijakan yang intens di dalam bank sentral AS dan Fed sangat terpecah atas kenaikan suku bunga acuannya.

Proyeksi diperbarui Fed yang dirilis Rabu menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan memperkirakan suku bunga federal fund naik ke sekitar 0,625 persen pada akhir 2016, menyiratkan satu kenaikan suku bunga tahun ini, turun dari dua kali kenaikan yang diperkirakan pada Juni. The Fed juga mengatakan dalam pernyataannya bahwa risiko-risiko jangka pendek terhadap prospek ekonomi AS "tampak kira-kira seimbang," tanda lebih lanjut bahwa bank sentral bisa menaikkan suku bunga pada akhir tahun ini.

The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan dua hari berikutnya pada 1-2 November dan 13-14 Desember. Sekitar 74 persen dari 62 ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal bulan ini memperkirakan bahwa Fed akan menunggu sampai Desember untuk menaikkan suku bunganya. The Fed menaikkan kisaran target untuk suku bunga federal fund sebesar 25 basis poin menjadi 0,25-0,5 persen pada Desember tahun lalu, kenaikan suku bunga pertama dalam hampir satu dekade.

Namun, pelambatan ekonomi global sejak awal tahun ini dan risiko-risiko keuangan global lainnya telah membuat pembuat kebijakan Fed berhati-hati dan menunda setiap kenaikan suku bunga lebih lanjut.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA