Harga CPO Rendah di April 2018

   •    Selasa, 17 Apr 2018 14:47 WIB
cpo
Harga CPO Rendah di April 2018
Ilustrasi. (Foto: Antara/Wahyu Putro).

Jakarta: Harga crude palm oil (CPO) ditutup melemah pada perdagangan Senin, 16 April 2018 di harga 2.369 ringgit Malaysia. Ini mengawali pekan perdagangan CPO saat masih dalam sentimen negatif.

"Secara teknis dengan telah banyak menembus level support (dapat dilihat pada analisa teknikal hari-hari sebelumnya), sehingga mencatatkan harga CPO pada level terendah dalam kurun waktu satu bulan," kata analis Monex Investindo Futures Arie Nurhadi, dalam hasil risetnya, Selasa, 17 April 2018.

Selain masih dalam sentimen negatif mengenai perpanjangan penangguhan pengenaan pajak oleh otoritas Bursa Malaysia, melambatnya pertumbuhan akan tingkat permintaan CPO juga menjadi faktor yang menggerus harga komoditi tersebut.

Sentimen pelaku pasar nampaknya mengharapkan otoritas dapat mengurangi jumlah ekspor saat ini guna menopang kembali harga pada kisaran yang "menarik". Di sisi lain jika dilihat dari sisi analisa teknikal tanpa dukungan fundamental yang baik terlihat tren penurunan harga ini belum akan rebound, sehingga masih berpotensi untuk melanjutkan pelemahan.

"Di perdagangan Selasa 17 April 2018, saat tulisan ini disusun, pergerakan harga CPO sedang berada pada level 2.358 ringgit Malaysia. Harga yang tertera saat ini mendekati kisaran harga rendah yang pernah tercatat menjelang akhir Maret lalu," tambah dia.

Potensi pelemahan lanjutan yang dapat terjadi dengan acuan support di kisaran harga:
- 2.330 ringgit Malaysia (support 1).
- 2.305 ringgit Malaysia (support 2). 
- 2.277 ringgit Malaysia (support 3).

Untuk potensi penguatan perlu konfirmasi penembusan harga pada level resistance di kisaran: 
- 2.375 ringgit Malaysia (resistance 1).
- 2.392 ringgit Malaysia (resistance 2).
- 2.410 ringgit Malaysia (resistance 3).



(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA