Defisit Perdagangan Kanada Turun jadi USD86 Juta

   •    Sabtu, 08 Sep 2018 20:03 WIB
politik kanada
Defisit Perdagangan Kanada Turun jadi USD86 Juta
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (NICHOLAS KAMM/AFP)

Ottawa: Defisit perdagangan barang Kanada dengan dunia berkurang menjadi 114 juta dolar Kanada (sekitar USD86 juta) pada Juli dibandingkan dengan posisi 743 juta dolar Kanada (USD563 juta) pada Juni. Kondisi tersebut merupakan defisit terkecil sejak surplus pada Desember 2016, menurut Statistik Kanada.

Mengutip Xinhua, Sabtu, 8 September 2018, total ekspor Kanada naik 0,8 persen karena harga produk energi yang lebih tinggi akibat ekspor minyak mentah naik untuk kelima bulan berturut-turut. Ekspor minyak dibantu oleh kenaikan 9,4 persen dalam harga.

Sementara itu, total impornya menurun 0,4 persen karena penurunan di pesawat dan peralatan transportasi lainnya dan suku cadang serta bijih logam dan mineral non-logam. Ekspor ke Amerika Serikat naik 3,3 persen pada Juli menjadi 38,4 miliar dolar Kanada (USD29 miliar), sementara impor Amerika turun 0,1 persen menjadi 33,1 miliar dolar Kanada (USD25 miliar).

Akibatnya, surplus perdagangan Kanada dengan Amerika Serikat melebar menjadi 5,3 miliar dolar Kanada (USD4 miliar) pada Juli dibandingkan dengan posisi 4,1 miliar dolar Kanada (USD3,1 miliar) pada Juni. Ini merupakan surplus perdagangan bulanan terbesar Kanada dengan Amerika Serikat, mitra dagang terbesarnya sejak Oktober 2008.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump yakin Kanada akan bergabung dengan kesepakatan perdagangan baru bersama Amerika Serikat dan Meksiko untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara atau North American Free Trade Agreement (NAFTA). Kesepakatan baru ini diharapkan membawa keuntungan bagi semua pihak.

"Saya pikir Kanada sangat ingin membuat kesepakatan. Itu mungkin tidak bagus bagi kita semua jika mereka tidak menyetujuinya," kata Trump, kepada wartawan di Gedung Putih.

Trump juga menegaskan kembali batas waktu untuk sekutu utara bergabung dengan AS menggantikan NAFTA pada Jumat. Adapun Trump menciptakan pengganti NAFTA dengan Perjanjian Perdagangan Amerika Serikat-Meksiko pada awal pekan ini. Hal tersebut sejalan dengan tercapainya kesepakatan antara AS dengan Meksiko.

"Mereka ingin menjadi bagian dari kesepakatan. Kami memberi waktu hingga Jumat dan saya pikir kami mungkin berada di jalur. Kita akan melihat apa yang terjadi," kata Trump tentang Kanada. Ucapannya dilakukan pada saat pertemuan diskusi meja bundar di mana ia mengumumkan adanya hibah untuk program yang mendukung komunitas bebas narkoba.


(ABD)