PDB Tiongkok Tumbuh 6,9% di Kuartal II

Arif Wicaksono    •    Senin, 17 Jul 2017 11:25 WIB
tiongkok
PDB Tiongkok Tumbuh 6,9% di Kuartal II
Illustrasi. Dok: Xinhua.

Metrotvnews.com, Beijing: Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok naik 6,9 persen pada kuartal kedua 2017. Angka ini sama dengan capaian pada kuartal I tahun ini.

Ini lebih tinggi dari konsensus pasar sebelumnya sebesar 6,8 persen dan jauh di atas target tahunan pemerintah sebesar 6,5 persen.

baca : Ditopang Konsumsi, Ekonomi Tiongkok Tumbuh 6,9 %

Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ini menandakan perekonomian tiongkok semakin membaik.

"Perekonomian nasional dilakukan dalam kisaran yang tepat dengan momentum yang lebih baik," kata NBS dikutip dari Xinhua, Senin 17 Juli 2017.

Angka ini naik dari capaian 6,7 persen untuk tiga kuartal pertama tahun 2016 dan 6,8 persen untuk kuartal terakhir tahun lalu. NBS juga melaporkan pertumbuhan penjualan barang konsumsi dan produksi industri yang lebih cepat.

Jika dalam semester kedua Tiongkok berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi maka target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 6,5 persen pada 2017 akan bisa dicapai negeri panda itu.  Target  moderat ini merupakan yang terendah dalam 25 tahun terakhir, bahkan dibandingkan tahun lalu yakni sebesar 6,7 persen.

 


(SAW)