Morgan Stanley Prediksi Iklim Investasi Membaik di 2017

Arif Wicaksono    •    Selasa, 11 Jul 2017 15:11 WIB
ekonomi global
Morgan Stanley Prediksi Iklim Investasi Membaik di 2017
Morgan stanley. Dok: Reuters.

Metrotvnews.com, Jakarta: Morgan Stanley memprediksi bahwa investasi global akan membaik di 2017. Hal ini diikuti dengan kenaikan Gross Fixed Capital Formation (GFCF) sejumlah negara maju pada kuartal empat 2016 dan kuartal I 2017. Perekonomian global akan semakin kuat.

GFCF merupakan kenaikan aset bersih dari investasi suatu negara dalam periode tertentu. Angka ini tak menghitung depresiasi atau aset tetap dan tak memasukkan pembelian lahan. Ini merupakan komponen dari pengeluaran untuk menghitung Produk Domestik Bruto (PDB).



baca : Morgan Stanley: Iklim Perdagangan Saham Membaik di 2017


"Hasil ini melacak adanya stabilisasi dalam pertumbuhan Gross Fixed Capital Formation (GFCF) pada 2017. Kenaikan investasi akan sejalan dengan tingginya permintaan dari sektor swasta," kata laporan Morgan Stanley, Selasa, 11 Juli 2017.

Dalam laporan ini investasi negara di luar Tiongkok diperkirakan akan tumbuh pada tahun ini setelah dua tahun melandai.  GFCF negara diluar Tiongkok tumbuh 3,6 persen pada tahun ini. Pada 2015 GFCF negara diluar  Tiongkok mencapai 1,2 persen dan pada 2016 mencapai 2 persen.  

Sementara GFCF Tiongkok hanya mencapai 4,8 persen pada tahun ini atau menurun dari 2016 yang mencapai 6,3 persen.  Sementara secara keseluruhan GFCF akan tumbuh sebesar 3,8 persen di tahun ini. Setelah pada 2016 hanya mencapai 1,2 persen.

Perbaikan ini melebar dengan tumbuhnya sejumlah negara yang mencatatkan perbaikan investasi. 71 persen dari 31 negara dalam GFCF mencatatkan perbaikan investasi di awal tahun ini.  

"Angkanya membaik dari 20 negara di kuartal IV-2016 dan 12 negara di kuartal III-2016," tambah dia.

Laporan ini menggarisbawahi bahwa arah pertumbuhan investasi masih bagus meskipun ada risiko dari pengetatan finansial dan kebijakan politik seperti perkembangan kebijakan yang harus diwaspadai pelaku kebijakan.

 


(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

3 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA