Pertemuan IMF-WB 2018

Pemimpin Keuangan Dunia Harus Tangani Persoalan Perdagangan

   •    Rabu, 10 Oct 2018 13:05 WIB
ekonomi duniaIMF-World Bank
Pemimpin Keuangan Dunia Harus Tangani Persoalan Perdagangan
Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)

Berlin: Gubernur Bundesbank Jerman Jens Weidmann mengatakan para pemimpin keuangan dunia harus mereformasi perdagangan global untuk lebih melindungi kekayaan intelektual dan mengatasi distorsi yang didorong oleh subsidi. Bahkan, perang dagang yang sedang terjadi antara Amerika Serikat dan Tiongkok diharapkan bisa segera terhenti.

Berbicara sebelum pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) di Bali, Indonesia, Jens Weidmann mengatakan, reformasi sangat penting untuk melindungi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan prinsip-prinsipnya perdagangan bebas berdasarkan aturan.

"Ini termasuk terutama meningkatkan perlindungan kekayaan intelektual, dan juga mengatasi distorsi yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan milik negara dan subsidi-subsidi," kata Weidmann, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 10 Oktober 2018.

Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz juga akan mendesak para pemimpin keuangan untuk membangun kembali kepercayaan di organisasi-organisasi internasional seperti WTO. Bahkan, ada desakan untuk memotong tingkat utang, seorang pejabat senior Pemerintah Jerman yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan.

Negara-negara anggota WTO telah berada di bawah tekanan untuk mereformasi lembaga itu sejak Presiden AS Donald Trump, sangat kritis terhadap sistem perdagangan global, menghalangi pengangkatan kembali hakim WTO dan memberlakukan tarif besar terhadap Tiongkok dan negara-negara lain.

Tiongkok secara luas dilihat sebagai target utama kemarahan Trump, sehingga membuatnya sentuju dengan peraturan WTO yang lebih ketat tentang subsidi-subsidi, perusahaan-perusahaan milik negara dan perlakuan istimewa bisa menjadi kunci untuk mencapai bentuk WTO yang diminta Trump.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA