Italia Tidak Punya Masa Depan di Luar Eropa

Angga Bratadharma    •    Jumat, 09 Nov 2018 14:01 WIB
bank central eropaekonomi italiaekonomi eropaeropauni eropa
Italia Tidak Punya Masa Depan di Luar Eropa
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Brussels: Ketika kebuntuan antara Roma dan Brussels berlanjut, Uni Eropa mengungkapkan secara jelas dan keras bahwa tidak ada masa depan untuk Italia di luar zona euro. Komisi Eropa -badan legislasi Uni Eropa- dan Italia terus memperdebatkan mengenai rencana keuangan Roma untuk 2019.

Perdebatan terjadi setelah Pemerintah Italia memutuskan untuk meningkatkan belanja publik di tahun-tahun mendatang. Dalam rencananya untuk 2019, Italia akan meningkatkan defisit publik menjadi 2,4 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau tiga kali lebih tinggi dari apa yang dijanjikan pemerintah sebelumnya.

Namun, dengan mempertimbangkan semua kebijakan baru yang ingin dikemukakan Roma, Komisi Eropa menyatakan bahwa defisit Italia di 2019 sebenarnya akan mencapai 2,9 persen terhadap PDB atau  dekat dengan ambang batas Uni Eropa sebesar tiga persen.

"Kami ingin Italia tetap seperti apa adanya yakni negara utama dalam zona euro. Tidak ada masa depan untuk Italia di luar zona euro dan tidak ada masa depan untuk Eropa tanpa Italia," ungkap Pierre Moscovici, seorang Komisaris Eropa, seperti dikutip dari CNBC, Jumat, 9 November 2018.

Moscovici menjelaskan perbedaan dalam perkiraan defisit antara Roma dan Brussel dihasilkan dari proyeksi pertumbuhan yang lebih rendah dan perkiraan pengeluaran yang lebih tinggi. Tentu diharapkan perbedaan ini nantinya bisa mencapai kata sepakat demi kepentingan bersama.

"Perkiraan kami lebih berhati-hati," ungkap Moscovici.

Komisi Eropa tetap tidak setuju dengan rencana pengeluaran Roma untuk tahun-tahun mendatang dan meminta negara itu untuk mengajukan rancangan anggaran baru pada 13 November. Sejauh ini, para menteri dari Pemerintah Italia secara tegas menyatakan bahwa mereka tidak akan mengubah rencana ekonomi mereka.

"Ada tingkat ketidakpastian yang tinggi di sekitar perkiraan dan ada banyak risiko yang saling terkait. Perwujudan dari salah satu risiko ini dapat memperkuat yang lain dan memperbesar dampaknya," kata Komisi Eropa, dalam laporan perkiraan ekonomi musim gugur 2018.


(ABD)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

21 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA