Tiongkok Sebut Perang Dagang Merugikan Semua Pihak

Angga Bratadharma    •    Jumat, 09 Mar 2018 15:04 WIB
ekonomi amerikaekonomi chinationgkokas-tiongkokPerang dagang
Tiongkok Sebut Perang Dagang Merugikan Semua Pihak
Ilustrasi (FOTO: SCMP)

Beijing: Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menegaskan bahwa Tiongkok akan memberikan tanggapan yang diperlukan bila terjadi perang dagang dengan Amerika Serikat (AS). Di sisi lain, Wang Yi menilai, perang dagang yang diberlakukan hanya akan merugikan semua pihak.

Berbicara di sela-sela pertemuan tahunan parlemen Tiongkok, Wang mengatakan, Tiongkok tidak berniat menggusur Amerika Serikat dan kedua negara tidak harus menjadi saingan namun harus berusaha menjadi mitra kerja.

Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan menetapkan tarif sebesar 25 persen untuk baja impor dan 10 persen pada aluminium impor minggu ini, namun Gedung Putih mengatakan akan ada pengecualian 30 hari untuk Meksiko dan Kanada dan beberapa negara lain berdasarkan keamanan nasional.

Langkah tersebut bertujuan untuk melawan impor murah, terutama dari Tiongkok yang menurut Trump melemahkan industri dan pekerjaan AS. Meski demikian, Wang menilai, sejarah telah menunjukkan perang dagang bukan cara yang benar untuk menyelesaikan masalah.



"Terutama mengingat globalisasi hari ini, memilih perang dagang adalah resep yang salah. Hasilnya hanya akan berbahaya. Tiongkok harus membuat respons yang benar dan perlu," kata Wang, seperti dikutip dari CNBC, Jumat, 9 Maret 2018.

Wang mengatakan Tiongkok memiliki jalan yang panjang untuk mencapai jalur modernisasi, dan bahwa tidak akan dan tidak perlu menggantikan Amerika Serikat. Trump membahas perdagangan dengan Tiongkok di tweets dan menuntut agar merumuskan rencana untuk mengurangi surplus perdagangannya dengan Amerika Serikat sebesar USD1 miliar.

"Tiongkok telah diminta untuk mengembangkan sebuah rencana untuk tahun pengurangan USD1 miliar dalam defisit perdagangan besar-besaran mereka dengan Amerika Serikat," kata Trump.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

6 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA