Perusahaan Ritel Tiongkok Catat Penjualan Terus Menguat di 2017

Angga Bratadharma    •    Jumat, 12 Jan 2018 14:07 WIB
ekonomi chinationgkok
Perusahaan Ritel Tiongkok Catat Penjualan Terus Menguat di 2017
Ilustrasi (FOTO: Internationalbusinesstribune)

Beijing: Perusahaan penjualan ritel besar Tiongkok menikmati penjualan yang kuat pada tahun lalu. Kondisi itu terjadi karena ekonomi stabilisasi negara tersebut memacu konsumsi, Kementerian Perdagangan (MOC) mengatakan. Ada harapan agar kondisi ini bisa terus terjadi dari waktu ke waktu.

"Total volume penjualan mencapai 2.700 dari perusahaan ritel besar yang disurvei atau naik 4,6 persen secara tahun ke tahun di 2017, naik tiga poin dari tahun sebelumnya," ungkap Juru Bicara MOC Gao Feng, dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat, 12 Januari 2018.

Volume penjualan melalui e-commerce tahun lalu melonjak 26,8 persen secara YoY, naik 3,2 poin persentase dari 2016. Sedangkan profitabilitas perusahaan ritel meningkat pada 2017 dengan laba usaha dari perusahaan yang disurvei meningkat delapan persen dari tahun ke tahun, naik 6,5 persen dari 2016.

Penjualan ritel yang membengkak berada di belakang ekonomi stabilisasi Tiongkok, yang tumbuh 6,9 persen pada tiga kuartal pertama 2017. Tiongkok mencoba mengalihkan ekonominya ke arah model pertumbuhan yang didorong oleh belanja konsumen, inovasi dan layanan sambil menyapanya dari ketergantungan berlebihan pada ekspor dan investasi.

"Diperkirakan perusahaan ritel akan mengalami tahun yang terus menguat di 2018, didukung oleh restrukturisasi industri yang terus berlanjut dan peningkatan serta inovasi teknologi," pungkasnya.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA