Komisi Eropa Ungkap Gagasan untuk Reformasi Zona Euro

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 Dec 2017 16:08 WIB
bank central eropaekonomi eropaeropauni eropa
Komisi Eropa Ungkap Gagasan untuk Reformasi Zona Euro
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Brussels: Komisi Eropa akan mengungkap serangkaian gagasan untuk mereformasi zona euro meski ada perlawanan kuat dari Jerman, yang tetap tanpa pemerintahan. Adapun pihak terkait terus berupaya agar perekonomian zona euro bisa terus tumbuh secara berkualitas dan mendukung pemerataan kesejahteraan di masa mendatang.

Mengutip AFP, Kamis, 7 Desember 2017, Komisi Eropa, yang merupakan eksekutif Uni Eropa, mendorong proposal mereka yang semula dianggap sebagai jawaban Uni Eropa atas kejutan Brexit, namun sekarang terlihat oleh beberapa negara anggota sebagai latihan yang tidak tepat waktu dan sia-sia.

Gagasan tersebut mengikuti keadaan ucapan persatuan yang terus berlanjut oleh kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker pada September dan dimaksudkan untuk menginspirasi diskusi pada pertemuan puncak Uni Eropa mengenai masa depan euro pada 15 Desember.

Mereka juga mengikuti daftar ide yang disiapkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memperkuat mata uang tunggal euro, yang bekerja di bawah asumsi bahwa Jerman akan memiliki Pemerintah pro-Uni Eropa yang dipasang pada akhir tahun ini.

Namun, dengan seorang Kanselir Jerman yang melemah, Angela Merkel baru saja memulai usaha kedua di sebuah koalisi pemerintahan, banyak momentum ketakutan telah hilang untuk membawa perubahan pada euro dalam waktu dekat.

Reformasi komisi tersebut akan mencakup gagasan untuk menciptakan menteri keuangan zona euro, meluncurkan semacam anggaran untuk dana pertarungan zona euro, serta memperluas kekuatan badan bailout saat ini.

Dalam upaya untuk meningkatkan pesan komisi tersebut, perwakilan Jerman untuk komisi Guenther Oettinger akan bergabung dengan rekannya dari Prancis dan Latvia Pierre Moscovici dan Valdis Dombrovskis, yang memegang portofolio ekonomi, untuk mengumumkan proposal pada Rabu.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA