Tiongkok Terus Berupaya Mengurangi Risiko Kenaikan Utang

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 10 Mar 2018 15:04 WIB
ekonomi chinationgkok
Tiongkok Terus Berupaya Mengurangi Risiko Kenaikan Utang
Markas PBOC, di Beijing, Tiongkok (FOTO: AFP)

Beijing: Gubernur People's Bank of China (PBOC) Zhou Xiaochuan mengungkapkan Tiongkok telah beralih dari model pertumbuhan lama yang artinya akan sangat bergantung pada investasi dan tidak akan bergantung pada stimulus untuk meningkatkan ekonomi di masa depan. Tiongkok berupaya memacu kualitas pertumbuhan ekonomi.

Komentar Zhou menggemakan pejabat tinggi lainnya di parlemen Tiongkok minggu ini yang mengatakan Beijing akan lebih berhati-hati dalam menghabiskan tahun ini, sementara berfokus untuk mengurangi risiko dari kenaikan utang yang cepat.

Setelah bertahun-tahun memompa dengan berat, pasar khawatir stimulus yang kurang murah dapat menghambat laju pertumbuhan tidak hanya di Tiongkok tapi juga di seluruh dunia. Namun para analis meyakini Beijing akan terus menjaga agar sistem tersebut tetap disertakan dengan uang tunai untuk menghindari risiko penurunan tajam dalam pertumbuhan ekonomi.



"Kami sekarang menekankan ekonomi normal baru, bergeser dari model pertumbuhan kuantitatif masa lalu dan mengacu pada akumulasi modal dan investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Zhou, kepada wartawan di sela-sela sidang parlemen tahunan, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 10 Maret 2018.

Sementara mengejar pertumbuhan kualitas yang lebih tinggi, lanjut Zhou, Tiongkok harus mengurangi ketergantungan pada model investasi pertumbuhan lama. Zhou menilai Tiongkok perlu memperbaiki pengawasan peraturannya sesegera mungkin guna mengurangi risiko terhadap sistem keuangan.

"Tiongkok telah mulai membuat kemajuan dalam mengurangi risiko tersebut, namun masih banyak ancaman seperti kurangnya transparansi pada perusahaan induk keuangan dan mata uang digital. Semua orang harus melihat bahwa Tiongkok telah memasuki leverage yang stabil dan secara bertahap mengurangi situasi leverage," pungkasnya.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA