Arab Saudi Naikkan Harga Bensin

Angga Bratadharma    •    Selasa, 02 Jan 2018 07:04 WIB
arab saudiminyak mentahsaudi aramco
Arab Saudi Naikkan Harga Bensin
Ilustrasi (FOTO: Xinhua)

Riyadh: Arab Saudi memutuskan untuk menaikkan harga bensin lokalnya pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), kantor berita negara SPA melaporkan. Inisiatif ditujukan untuk penggunaan energi yang lebih efisien dan bertepatan dengan rencana reformasi yang ambisius untuk meningkatkan sumber pendapatan dan menyingkirkan eksportir minyak mentah dunia dari minyak.

Mengutip CNBC, Selasa, 2 Januari 2018, diungkapkan bahwa Octane 91 akan dijual seharga 1,37 riyal per liter, naik dari 0,75 riyal. Sementara Octane 95 akan dijual seharga 2,04 riyal per liter, naik dari 0,90 riyal. Tarif diesel untuk truk dibiarkan tidak berubah.

Kerajaan tersebut akan memperlambat rencana untuk menghapus subsidi untuk berbagai macam produk energi, menurut sebuah rencana fiskal jangka panjang baru dalam APBN 2018 yang dikeluarkan bulan lalu. Hal ini sejalan dengan menjaga pertumbuhan ekonomi.



Raja Arab Saudi Salman secara resmi mengumumkan pada 20 Desember bahwa target untuk menghilangkan defisit anggaran pemerintah akan didorong kembali ke 2023 dari target awal 2020, untuk mengurangi tekanan pada pertumbuhan ekonomi.

Kerajaan mengumumkan inisiatif reformasi yang luas pada 2016, dengan mengatakan bahwa hal itu bertujuan untuk meningkatkan tingkat dan kualitas layanan yang diberikan oleh pemerintah dan mencapai masa depan dan pembangunan berkelanjutan yang sejahtera.

 


(ABD)