Libya Tidak Ambil Bagian dalam Pembekuan Produksi di OPEC

Angga Bratadharma    •    Senin, 28 Nov 2016 06:45 WIB
minyak mentahopec
Libya Tidak Ambil Bagian dalam Pembekuan Produksi di OPEC
Logo OPEC (REUTERS/Ramzi Boudina)

Metrotvnews.com, Tripoli: Libya's National Oil Corporation (NOC) mengatakan pada Minggu waktu setempat (Senin WIB) bahwa pihaknya tidak akan mengambil bagian dalam pengurangan produksi oleh Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) di masa mendatang. Sikap itu diambil di tengah pembahasan mengenai pembekuan produksi.

Langkah itu dilakukan sebagai negara Afrika Utara yang mencoba untuk membawa kembali harga minyak menuju ke tingkat pra-konflik. Sejauh ini, harga minyak dunia masih terus mengalami tekanan dan harga minyak terus berada di level yang rendah. Belum ada tanda-tanda untuk menguat.

"Libya berada pada situasi ekonomi yang berbahaya. Tidak ada cara untuk berpartisipasi dalam pengurangan produksi di OPEC untuk masa mendatang," kata NOC Chairman Mustafa Sanalla, seperti dikutip dari Reuters, Senin (28/11/2016).

Baca: Harga Minyak Dunia Jatuh Usai USD Menguat

Libya memiliki lebih dari dua kali lipat produksi minyak mentah nasional menjadi sekitar 600.000 barel per hari (bph) sejak beberapa pelabuhan minyak yang sebelumnya memblokade kembali dibuka pada September. Namun demikian, hasil produksi minyak masih jauh di bawah 1,6 juta barel per hari.


Bendera OPEC (REUTERS/Leonhard Foeger)

Libya telah menunjukkan keengganan untuk mengurangi produksi minyak, dan minggu ini OPEC akan melakukan pertemuan untuk berdebat dan membahas mengenai pemotongan produksi minyak yang akan membebaskan Libya dan Nigeria karena negara tersebut masih dilanda sebuah konflik.

Baca: Harga Minyak Bergerak Statis Jelang Pertemuan OPEC

NOC berharap untuk meningkatkan produksi minyak menjadi 900.000 barel per hari pada akhir 2016 ini dan 1,1 juta barel per hari pada 2017. Namun demikian, peningkatan itu akan tergantung dari pencabutan blokade di jalur pipa yang melayani bidang barat El Rasakan dan Sharara.

 


(ABD)

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

1 day Ago

Suara sumbang kemenangan Donald Trump dalam Pilpes AS kembali terjadi. Ratusan warga kulit hita…

BERITA LAINNYA