Harga Emas Dunia Menguat Tipis

   •    Rabu, 10 Oct 2018 07:32 WIB
harga emasemasekonomi dunia
Harga Emas Dunia Menguat Tipis
Ilustrasi (AFP PHOTO/Queens Jewels)

Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik sedikit pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), terutama didukung oleh pelemahan dolar Amerika Serikat (USD). Kondisi itu terjadi karena investor khawatir tentang risiko disfungsi politik di Eropa.

Mengutip Antara, Rabu, 10 Oktober 2018, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, naik USD2,9 atau 0,24 persen menjadi ditutup pada USD1.191,5 per ons. Indeks USD, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, turun sebanyak 0,06 persen menjadi 95,66 pada pukul 19.10 GMT.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan USD, yang berarti jika USD melemah maka emas berjangka akan naik, karena emas yang dihargakan dalam USD, menjadi lebih murah bagi para investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Imbal hasil obligasi Pemerintah AS bertenor 10 tahun mengakhiri perdagangan pekan lalu di dekat 3,23 persen, mundur dari tingkat paling tinggi beberapa minggu sebelumnya namun masih melayang di dekat tingkat tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Para analis mengatakan bahwa meningkatnya imbal hasil obligasi terus menarik para investor dari emas.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember bertambah 7,1 sen AS atau 0,5 persen menjadi menetap di USD14,4 per ons. Platinum untuk penyerahan Januari 2019 naik sebanyak USD10,6 atau 1,3 persen menjadi ditutup pada USD828,9 per ons.


(ABD)


Pameran Seni Kontemporer Art Bali

Pameran Seni Kontemporer Art Bali

1 hour Ago

Pameran seni rupa kontemporer Art Bali menjadi salah satu venue yang menarik perhatian delegasi…

BERITA LAINNYA