Pertumbuhan Lapangan Kerja AS Melambat di Mei 2017

Angga Bratadharma    •    Senin, 05 Jun 2017 12:02 WIB
tenaga kerjalapangan pekerjaanekonomi amerika
Pertumbuhan Lapangan Kerja AS Melambat di Mei 2017
Orang-orang menunggu dalam antrean untuk menghadiri TechFair LA, sebuah job fair teknologi, di Los Angeles, California, Amerika Serikat (REUTERS/Lucy Nicholson)

Metrotvnews.com, Washington: Pertumbuhan lapangan pekerjaan Amerika Serikat (AS) melambat pada Mei dan kenaikan lapangan kerja dalam dua bulan sebelumnya tidak sekuat yang dilaporkan sebelumnya. Kondisi itu menunjukkan pasar tenaga kerja kehilangan momentum meski tingkat pengangguran turun ke titik terendah pada 16 tahun di 4,3 persen.

Nonfarm payrolls meningkat sebanyak 138.000 di bulan lalu karena sektor manufaktur, pemerintah, dan ritel kehilangan pekerjaan, kata Departemen Tenaga Kerja. Perekonomian menciptakan 66.000 pekerjaan lebih sedikit dari yang dilaporkan sebelumnya pada Maret dan April.

Keuntungan pekerjaan bulan lalu masih bisa mencukupi bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakan 13-14 Juni. Perekonomian perlu menciptakan 75.000 sampai 100.000 pekerjaan per bulan untuk mengikuti pertumbuhan populasi usia kerja.



"Sementara pesannya sedikit kacau hari ini dan bukti tersebut secara umum menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja mengetat sehingga the Fed harus terus bersandar pada hal itu," ungkap Ekonom JPMorgan Michael Feroli, di New York, seperti dikutip dari Reuters, Senin 5 Juni 2017.

Ia meyakini the Fed memiliki ruang untuk menaikkan tingkat suku bunga acuannya. Meski kenaikan itu dengan melihat situasi dan kondisi terkini atas perekonomian. Adapun kenaikan suku bunga dimaksud diharapkan tidak memberikan efek negatif bagi pergerakan ekonomi di masa yang akan datang.

"Kami masih percaya kemungkinan besar the Fed akan melakukan kenaikan suku bunga di akhir bulan ini. Mungkin yang lebih dipertanyakan adalah sinyal yang keluar dari pertemuan tersebut mengenai kenaikan selanjutnya," tuturnya.

Rincian laporan ketenagakerjaan lemah. Meskipun tingkat pengangguran turun sepersepuluh dari persentase poin ke tingkat terendah sejak Mei 2001, itu karena 429.000 orang keluar dari angkatan kerja. Survei rumah tangga di mana tingkat pengangguran diturunkan juga menunjukkan penurunan lapangan kerja.

Tingkat pengangguran telah menurun lima per sepuluh dari persentase poin tahun ini. Rata-rata pendapatan per jam naik sebanyak 4 sen atau 0,2 persen di Mei setelah kenaikan serupa di April, menyebabkan kenaikan upah tahunan naik 2,5 persen.

 


(ABD)