The Fed Diperkirakan Lebih Prioritaskan Pemotongan Portofolio Obligasi

Angga Bratadharma    •    Kamis, 15 Jun 2017 10:22 WIB
the fed
The Fed Diperkirakan Lebih Prioritaskan Pemotongan Portofolio Obligasi
Board of Governors of The Federal Reserve System (REUTERS/Joshua Roberts)

Metrotvnews.com, New York: Bank-bank papan atas di Wall Street mengemukakan ekspektasi mereka saat mereka berpikir Federal Reserve akan mulai mengurangi portofolio obligasi senilai USD4,5 triliun hingga awal September, dan melihat pengurangan neraca sebagai prioritas lebih daripada kenaikan suku bunga lainnya.

Jajak pendapat Reuters menunjukkan, mereka melihat pembuat kebijakan the Fed menaikkan tingkat suku bunga pinjaman utama bank sekali lagi pada akhir 2017 dan tiga kali pada 2018. Hal itu terjadi meski ada kekhawatiran bahwa inflasi akan turun dari target 2,0 persen di masa yang akan datang.

"Rencana pemotongan neraca tampaknya lebih agresif dari perkiraan sebelumnya," kata Kepala Ekonom Credit Suisse James Sweeney, salah satu dari 23 perusahaan yang melakukan bisnis langsung dengan Federal Reserve, seperti dikutip dari Reuters, Kamis 15 Juni 2017.

Sebanyak 14 dari 21 dealer utama yang disurvei mengatakan the Fed akan mengumumkan dimulainya normalisasi neraca pada pertemuan kebijakan 19-23 September. Sisanya mengatakan akan melakukan langkah seperti itu pada pertemuan 12-13 Desember.


Ketua the Fed Janet Yellen (REUTERS/Joshua Roberts)

Dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan Reuters pada 2 Juni, enam dari 17 dealer utama memperkirakan sebuah pengumuman akan diumumkan pada September, sementara sisanya memperkirakan akan terjadi pada pertemuan kebijakan terakhir di 2017.

Sebelumnya, kelompok penetapan kebijakan Federal Reserve, Komite Pasar Terbuka Federal, menawarkan rincian lebih lanjut mengenai rencananya untuk mulai mengurangi investasi kembali bulanan treasuries yang jatuh tempo dan sekuritas berbasis mortgage.

The Fed juga menaikkan suku bunga acuan semalam hingga seperempat poin menjadi 1,00-1,25 persen seperti yang diharapkan. Dealer utama memperkirakan the Fed akan mulai secara bertahap melepaskan utang pemerintah senilai USD2,46 triliun dan obligasi hipotek USD1,77 triliun.

"Kami bisa menerapkan ini segera," kata Ketua the Fed Janet Yellen, pada sebuah konferensi pers setelah pertemuan FOMC mengenai pengupas kepemilikan obligasi the Fed.

 


(ABD)