Jepang Catat Kinerja Ekspor Naik di Mei 2017

Angga Bratadharma    •    Selasa, 20 Jun 2017 07:12 WIB
ekonomi jepang
Jepang Catat Kinerja Ekspor Naik di Mei 2017
Bendera Jepang (REUTERS/Toru Hanai)

Metrotvnews.com, Tokyo: Ekspor Jepang melonjak di laju tercepat pada Mei dalam lebih dari dua tahun dengan pengiriman mobil dan baja lebih besar. Hal itu menjadi sebuah tanda yang menggembirakan bahwa permintaan luar negeri yang kuat akan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Kenaikan ekspor 14,9 persen tahunan di Mei berada di bawah perkiraan median untuk kenaikan tahunan sebesar 16,1 persen, namun merupakan kenaikan terbesar sejak Januari 2015. Dalam hal ini, kinerja ekspor terus digenjot agar bisa tumbuh lebih maksimal di masa yang akan datang.
 
Ekspor cenderung akan terus meningkat pada penurunan yang stabil karena ekonomi luar negeri menunjukkan tanda kekuatan yang meningkat, yang seharusnya membantu ekonomi Jepang memperluas ekspansi baru-baru ini.

"Skenario utamanya adalah ekspor Jepang akan terus pulih. Namun, laju pertumbuhan bisa melambat seperti persediaan barang tertentu seperti elektronik yang mulai membangun di luar negeri," kata Ekonom Pasar Senior Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Shuji Tonouchi, seperti dikutip dari Reuters, Selasa 20 Juni 2017.

Ekspor mobil dan suku cadang mobil naik sebagian karena gempa di Kumamoto tahun lalu di Mei untuk sementara menutup produksi barang-barang ini, Tonouchi mencatat. Ekspor Jepang ke Amerika Serikat naik 11,6 persen di Mei dari tahun lalu, kenaikan tercepat sejak Juli 2015 karena peningkatan pengiriman suku cadang mobil dan mobil.

Ekspor ke Tiongkok meningkat 23,9 persen tahun ke tahun di Mei, menyusul kenaikan tahunan 14,8 persen di April. Pengiriman panel datar dan peralatan manufaktur semi konduktor yang lebih besar mendorong kenaikan ekspor Tiongkok.

 


(ABD)