Harga Minyak Dunia Kembali Menguat

Angga Bratadharma    •    Selasa, 09 Jan 2018 08:00 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Dunia Kembali Menguat
Ilustrasi (FOTO: AFP)

New York: Harga minyak dunia naik pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) setelah data menunjukkan penurunan mingguan dalam jumlah rig pengeboran Amerika Serikat (AS). Jumlah rig yang beroperasi di ladang minyak AS secara tak terduga turun menjadi 742 pekan lalu, kata perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes dalam laporan mingguannya.

Mengutip Xinhua, Selasa, 9 Januari 2018, West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari naik USD0,29 untuk menetap di USD61,73 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret menambahkan USD0,16 menjadi ditutup pada USD67,78 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara itu, para pedagang terus mengawasi ketegangan politik di Iran. Selama sepekan terakhir, demonstrasi meletus di sejumlah kota di Iran melawan kebijakan ekonomi pemerintah. Sedikitnya 20 orang, termasuk warga sipil dan polisi, tewas dan puluhan lainnya cedera dalam bentrokan antara pemrotes dan pasukan keamanan.

Sebelumnya, sejumlah penduduk Iran melakukan aksi protes pada pekan lalu. Protes ini karena adanya blokir bagi pengguna sosial media di negara itu. Protes yang terjadi di Iran juga dipicu oleh lemahnya fondasi perekonomian di Iran yang bisa memicu ketegangan sosial.

Adapun perekonomian Iran sangat terpengaruh selama beberapa tahun oleh sanksi yang diberlakukan oleh masyarakat internasional mengenai program nuklir negara tersebut. Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 1,4 persen pada 2015, ketika Presiden Hassan Rouhani, seorang moderat, setuju untuk membatasi kegiatan nuklir sensitif Iran.

Pada 2016, setelah kesepakatan tersebut diimplementasikan dan sebagian besar sanksi dicabut, ekonomi melambung kembali tajam dan PDB tumbuh 12,3 persen, menurut Bank Sentral Iran. Sebagian besar pertumbuhan tersebut disebabkan oleh industri minyak dan gas bumi.

 


(ABD)