Menkeu: Pertumbuhan Ekspor-Impor Dunia Capai 1,5% di 2016

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 12 Oct 2016 18:00 WIB
ekspor
Menkeu: Pertumbuhan Ekspor-Impor Dunia Capai 1,5% di 2016
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan hasil kunjungannya dalam pertemuan tahunan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dalam rapat kerja bersama Komisi XI, Ani mengatakan negara-negara dalam pertemuan tersebut memperkirakan tahun ini pertumbuhan perdagangan dunia dalam aktivitas ekspor impor dunia akan menjadi yang terendah. bahkan hanya separuh dari proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.

"Saya baru kembali dari pertemuan Bank Dunia-IMF di Washington DC. Pertumbuhan ekspor impor diperkirakan hanya 1,5 persen jika pertumbuhan ekonominya 3,1 persen," kata Ani di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2016).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan biasanya pertumbuhan ekspor impor selalu di atas pertumbuhan ekonomi. Sehingga fenomena ini menjadi keanehan sendiri bagi pertumbuhan ekonomi global.

"Dengan pertumbuhan ekspor impor yang lebih rendah akan mempengaruhi kinerja penerimaan perpajakan khusunya bea cukai yakni terkait bea masuk dan bea keluar," pungkasnya.


(SAW)