Ditjen Pajak Harap Harta WNI di Trustee Ikut Amnesti Pajak

Husen Miftahudin    •    Selasa, 20 Sep 2016 18:59 WIB
pajak
Ditjen Pajak Harap Harta WNI di <i>Trustee</i> Ikut Amnesti Pajak
Gedung Pajak (MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta para Wajib Pajak (WP) untuk ikut program amnesti pajak. Termasuk bagi WP yang dananya dikelola manajer investasi lewat mekanisme trust.

Direktur Perpajakan Internasional DJP Poltak Maruli John Liberty Hutagaol mengatakan, mekanisme trust merupakan bentuk investasi unik di negara berkonsep common law. Sementara Indonesia menganut konsep civil law, sehingga secara hukum Indonesia tak mengenal mekanisme investasi trust.

"Tapi kan di negara lain yang menyimpan dana orang Indonesia seperti Hongkong mengenal sistem trust. Jadi kita butuh aturan trust. Apalagi memang informasi mengenai keberadaan settlor dan beneficiary ini yang belum diketahui, sejauh mana kepatuhan pajaknya," ujar John, di Kantor Pusat DJP, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2016).

Ada tiga pihak yang berperan dalam pola mekanisme investasi trust, yakni settlor, trustee, dan beneficiary. Sang pemilik harta atau settlor menginvestasikan dananya kepada manajer investasi yang bertugas mengelola dana trust (trustee).

Keuntungan dana investasi yang dikelola trustee oleh settlor diberikan kepada penerima manfaat atau beneficiary. Tujuan pemilik harta menggunakan mekanisme trust adalah untuk menghindari pengenaan pajak di asal negara settlor maupun di negara trustee dibentuk.

"DJP memandang adanya indikasi kuat mekanisme trust memiliki ruang cukup untuk menghindari pajak. DJP telah memahami pola penghindaran pajak melalui mekanisme trust," tegasnya.

Maka itu, dia berharap pihak-pihak yang terkait dalam sistem trust bisa mengikuti amnesti pajak. Terutama dari sisi settlor sebagai pemilik harta atau beneficiary yang menerima keuntungan dari investasi trust tersebut.

"Apalagi sistem pajak kita itu voluntary dan self assesment. Sehingga kami harap mereka yang tempatkan harta melalui mekanisme trust itu bisa juga ikut amensti pajak," pungkas John.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA