BI Nilai Koordinasi untuk Jaga Inflasi dengan Pemerintah Berjalan Baik

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 07 Feb 2018 10:46 WIB
inflasibank indonesia
BI Nilai Koordinasi untuk Jaga Inflasi dengan Pemerintah Berjalan Baik
Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara. (FOTO: medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai koordinasi yang dilakukan antara bank sentral dengan pemerintah untuk menjaga inflasi berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan terkendalinya inflasi selama tiga tahun terakhir, bahkan tingkat inflasi terus mengalami penurunan.

Dalam tiga tahun terakhir, pemerintah dan BI menargetkan inflasi berada di level empat plus minus satu persen. Pada 2015 inflasi tercatat sebesar 3,3 persen, kemudian 2016 tercatat sebesar 3,06 persen, dan tahun lalu inflasi sebesar 3,6 persen.

"Kalau inflasi rendah artinya produksi barang harus cukup dan distribusi harus bagus, nah artinya itu ada di daerah," kata Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Februari 2018.

Dirinya menambahkan, koordinasi yang baik melalui Kemendagri kepada seluruh pemerintah daerah maka inflasi akan bisa dikontrol. Apalagi selama ini daerah memegang peranan penting terhadap produksi dan distribusi logistik yang menjadi penyumbang inflasi.

"Itu membuktikan bahwa koordinasi pemerintah pusat dan daerah dengan BI berjalan baik. Baik terkait menyerahkan data-data, kemudian ditindaklanjuti oleh teman-teman di daerah, itu semua berjalan dengan baik," jelas dia.

Meski begitu, BI tetap mengingatkan adanya potensi inflasi melonjak akibat gejolak pangan (volatile food). Untuk itu diperlukan pengawasan untuk beberapa komoditas seperti komoditas beras, cabai, bawang, dan daging.

"Maka dari itu kita harus terus kerja sama dengan baik dari Pak Menteri dan teman-teman pemerintah daerah. Mari terus kerja sama bagaimana inflasi harus rendah, maka daya beli masyarakat terjaga dan suku bunga bisa menjadi tetap rendah," pungkasnya.

 


(AHL)


Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki
Di Tengah Krisis

Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki

1 hour Ago

Pejabat Turki mengatakan Qatar telah menjanjikan investasi senilai USD15 miliar berupa investas…

BERITA LAINNYA