Darmin: Sistem OSS Diluncurkan di Saat yang Tepat

Eko Nordiansyah    •    Senin, 09 Jul 2018 11:37 WIB
kementerian perekonomianperizinan
Darmin: Sistem OSS Diluncurkan di Saat yang Tepat
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Kautsar Widya)

Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai peluncuran sistem Online Single Submission (OSS) dilakukan di saat yang tepat. Apalagi perkembangan global ??begitu cepat di tengah ketidakpastian kebijakan perang dagang Amerika Serikat (AS).

"Dia (sistem OSS) muncul di saat yang tepat, saat gonjang-ganjing perang dagang, saat rupiah melemah," kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018.

Menurut Darmin kemudahan proses perizinan berusaha ini akan meningkatkan investasi di Indonesia. Di tengah upaya perbaikan ekonomi di seluruh dunia, maka OSS diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi investor karena izin berusaha didapat kurang dari satu jam.

Tak hanya itu, kelebihan dari OSS adalah proses perizinan yang sudah terintegrasi dengan berbagai insentif bagi pengusaha. Misalnya saja tax holiday, tax allowance, reduction, hingga insentif PPh 0,5 persen bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Semua ini akan masuk ke dalam sistem sehingga investor tidak hanya mendapat izin tapi juga dapat insentif atau tidak. Surat konfirmasi memang akan menyusul tapi tidak ada proses birokrasi untuk membahasnya seperti selama ini," jelas dia.

Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE) ini untuk mempermudah pelayanan perizinan berusaha yang selama ini dilakukan melalui Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sistem OSS bisa dilakukan secara daring di mana pun dan kapan pun.

Sistem OSS mulai dibangun sejak Oktober 2017 sebagai pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Rancang bangun sistem berbasis IT ini pada dasarnya merupakan interkoneksi dan integrasi sistem pelayanan perizinan yang ada di BKPM/PTSP Pusat dan PTSP daerah.?

 


(AHL)