Sri Mulyani: Banyak PNS Kemenkeu Lebih Bahagia Ketika Pensiun

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 12 Sep 2017 12:04 WIB
pnskementerian keuangan
Sri Mulyani: Banyak PNS Kemenkeu Lebih Bahagia Ketika Pensiun
Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan para pegawai negeri sipil (PNS), terutama di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yang telah masuk masa purna bhakti hidupnya dipandang lebih cerah dan bahagia.

Ani mengatakan banyak di antara para pensiunan Kementerian Keuangan yang tak menjabat lagi terlihat semakin muda dan semakin sehat hidupnya. Hal tersebut dikarenakan karena telah lepas dari beban dalam mengelola keuangan negara yang tentunya memerlukan tanggung jawab yang berat.

"Sesudah pensiun saya lihat kok makin muda, makin sehat," kata Ani dalam acara seminar jaminan sosial nasional yang digelar oleh persatuan purna bhakti pegawai Kemenkeu, di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa 12 September 2017.

Ani menyebutkan salah satu contohnya yakni Sonny Loho yang baru saja melepas status PNS dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan sejak awal Juli lalu.

Menurut Ani, saat ini dia melihat Sonny semakin lega wajahnya setelah tak bertugas lagi sebagai pejabat negara. Hal tersebut pun sempat membuat Ani iri dan ingin merasa lega juga.

"Terakhir Pak Sonny yang baru retired, nampak sekali wajahnya lega. Saya terfikir untuk menjadi lega juga terkadang," ujar dia.

Namun demikian, Ani meminta, meskipun tak lagi bertugas mengelola keuangan negara, para pensiunan Kemenkeu tetap membawa dan membagikan pengetahuannya pada juniornya di pemerintahan. Sebab, seringkali selepas masa bakti, pengetahuan tersebut juga ikut hilang.

"Saya terapkan sekarang penting memelihara knowledge untuk bisa diimplementasikan estafet ke junior selanjutnya," jelas Ani.

 


(AHL)