Pemerintah Segera Keluarkan Kebijakan untuk Pacu Ekspor dan Investasi

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 10 May 2018 21:13 WIB
eksporinvestasi
Pemerintah Segera Keluarkan Kebijakan untuk Pacu Ekspor dan Investasi
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. (Foto: MI/Ramdani)

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan segera mengeluarkan kebijakan untuk memperkuat ekspor dan investasi. Kebijakan yang diberikan dalam bentuk insentif fiskal.

"Dalam minggu-minggu ini kita akan menyampaikan ke sidang kabinet kebijakan untuk memacu ekspor dan investasi," kata Ani di Jakarta seperti dikutip Kamis, 10 Mei 2018.

Kebijakan tersebut diambil sebagai salah satu langkah dalam menghadapi tekanan pergerakan nilai tukar. Melemahnya rupiah dan tingginya dolar AS tentu berpengaruh pada impor yang sebagian besar dalam bentuk bahan baku.

Tingginya impor yang tidak diimbangi ekspor tentu membuat defisit transaksi berjalan (current account deficit/ CAD) melebar. Oleh karenanya, kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, dibutuhkan penguatan industri dalam negeri, sehingga Indonesia tak selalu tergantung pada bahan baku impor.

"Kita harus membuat struktur ekonomi kita jauh lebih kuat dengan menciptakan industri-industri yang bisa memproduksi bahan baku dan bahan modal, sehingga kita tidak terlalu bergantung," jelas dia


(SCI)