Benahi Pengadaan IT, Ditjen Pajak Rogoh Rp3,1 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 17 May 2018 20:54 WIB
ditjen pajak
Benahi Pengadaan IT, Ditjen Pajak Rogoh Rp3,1 Triliun
Pajak (ANT/Arief Priyono).

Jakarta: Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 40 tahun 2018 mengenai pembaruan sistem administrasi perpajakan atau disebut coretax.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan mengatakan pengadaan sistem administrasi atau IT ini menggunakan anggaran multiyears tujuh tahun yang terdiri dari pembangunan coretax dengan jangka waktu empat tahun dan dengan maintenance selama tiga tahun.

Pengadaan barang akan mulai dilakukan pada pertengahan tahun ini, atau setelah adanya Perpres tersebut sebagai pengawal langkah reformasi perpajakan.

"Tahun ini anggarannya sebesar Rp25 miliar, total anggaran hingga tujuh tahun sebesar Rp3,1 triliun," kata Robert di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2018.

Robert mengatakan pengadaan software dan hardware sistem informasi nantinya menggunakan rujukan dari yang digunakan oleh berbagai negara.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan hadirnya Perpres 40 menjadi landasan yang kuat untuk menjalankan reformasi perpajakan secara lebih konsisten dan kredibel.

"Tujuannya agar institusi pajak kita menjadi kuat, kredibel, akuntabel, dan memiliki bisnis proses yang efektif dan efisien. Dengan Perpres ini kita harapkan kepatuhan wajib pajak menjadi lebih baik dan penerimaan negara lebih meningkat," jelas Ani.

 


(SAW)