Sri Mulyani Optimistis Pasang Target Pertumbuhan Ekonomi 5,4%

Suci Sedya Utami    •    Senin, 11 Sep 2017 18:18 WIB
ekonomi indonesia
Sri Mulyani Optimistis Pasang Target Pertumbuhan Ekonomi 5,4%
Menkeu Sri Mulyani. MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai wakil pemerintah tetap optimistis memasang target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2018.

Dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Ani sapaan akrabnya, mengakui butuh upaya ekstra untuk mencapai angka tersebut. Banyak yang harus dilakukan tidak hanya oleh pemerintah, namun juga swasta, BUMN, perbankan, dan pasar modal.

"Pertumbuhan ekonomi 5,4 persen dipandang optimistik. Namun kami yakin ini adalah target yang butuh extra effort," kata Ani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 11 September 2017.

Ani menjelaskan, angka tersebut akan tercapai apabila konsumsi rumah tangga bisa tumbuh 5,1 persen, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi diharapkan bisa tumbuh 6,3 persen.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan pertmbuhan investasi tahun depan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dia bilang, investasi tersebut berasal dari invetstasi pemerintah, BUMN, pasar modal, perbankan serta penanaman modal dalam negeri dan juga penanaman modal luar negeri.



"Kunci paling besar di investasi adalah korporasi sendiri atau pihak swasta di mana mereka memiliki kepercayaan investasi yang baru atau ekspansi yang dilakukan melalui paket kebijakan pemerintah, mempermudah prosedur isi, bahkan kita siap menggunakan insentif fiskal perpajakan sehingga bisa membuat perusahaan memiliki keyakinan investasi," jelas dia.


(SAW)