Ekonomi RI 2018 Disebut Cukup Menjanjikan

Desi Angriani    •    Rabu, 10 Jan 2018 13:35 WIB
ekonomi indonesia
Ekonomi RI 2018 Disebut Cukup Menjanjikan
Head of Intermediary PT Schoders Investment Management Indonesia Teddy Oetomo. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,4 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 dinilai cukup realistis dan dapat tercapai. Hal itu ditopang oleh membaiknya perekonomian global dan pelonggaran kebijakan fiskal Amerika Serikat (AS) sehingga menjadi katalis positif bagi Indonesia.

Head of Intermediary PT Schoders Investment Management Indonesia Teddy Oetomo mengatakan perekonomian tahun ini cukup menjanjikan dengan catatan pertumbuhan konsumsi masyarakat terjaga sepanjang 2018.

"Kami melihat ada potensi perbaikan daya beli tahun ini," kata Teddy dalam sebuah jumpa pers di Gedung Commonwealth Bank, Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018.

Menurut dia, dari sentimen internal, perbaikan ekonomi Indonesia juga didukung oleh tiga even berskala internasional yakni pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 131 daerah, pagelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang serta pertemuan tahunan atau annual meetings IMF dan Bank Dunia 2018 di Bali.

Melalui momen ini, dana yang mengalir di pasar bakal lebih tinggi sehingga mendorong daya beli masyarakat. "Dengan adanya dana kampanye juga digenjot belanja pemerintah yang cukup besar," tutur dia.

Momentum perbaikan ekonomi tersebut, lanjutnya, harus dijadikan peluang untuk menanamkan modal di Indonesia. Pasalnya tekanan ekonomi dalam negeri tahun depan akan lebih disebabkan faktor eksternal seperti risiko geopolitik.

"Ekspor-impor membaik, likuiditas perbankan juga cukup baik dan rasio utang Indonesia juga rendah dibandingkan negara lain. Ini momen yang tepat," pungkasnya.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

13 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA