BI Prediksi Ekonomi Bengkulu Membaik Akhir 2017

   •    Jumat, 01 Dec 2017 18:34 WIB
bank indonesia
BI Prediksi Ekonomi Bengkulu Membaik Akhir 2017
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Ardi Yudanto)

Bengkulu: Bank Indonesia (BI) memperkirakan perekonomian Provinsi Bengkulu membaik pada kuartal IV 2017 setelah mengalami perlambatan pada dua kuartal terakhir.

"BI memprediksi perekonomian bisa tumbuh pada 5,0 persen (yoy),  faktor pendorongnya konsumsi rumah tangga mulai membaik," kata Kepala BI Perwakilan Provinsi Bengkulu Endang Kurnia Saputra di Bengkulu, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 1 Desember 2017.

Pada akhir tahun ini menurut dia cukup banyak libur dan hari besar, hal tersebut membuat masyarakat lebih konsumtif, baik untuk kebutuhan pokok, sandang, maupun transportasi.

Tren perekonomian Bengkulu sepanjang 2017 menunjukkan perlambatan, pada kuartal I pertumbuhan ekonomi tahunan daerah itu dicatat mampu tumbuh sebesar 5,2 persen.

Namun pada kuartal II, laju perekonomian jadi lebih lambat dan dicatat hanya tumbuh 5,04 persen, tren tersebut terus berlanjut pada kuartal III-2017, pertumbuhan jadi lebih rendah lagi yakni 4,83 persen.

"Selain karena konsumsi rumah tangga, sisi lain yang sebenarnya begitu mempengaruhi adalah konsumsi pemerintah daerah yang rendah sampai kuartal III," jelas dia.

Realisasi APBD untuk iklim investasi masih kecil, terutama bagi sektor pembangunan infrastruktur yang menjadi salah satu konsumsi terbesar pemerintah daerah selain belanja pegawai.

"Kami merekomendasikan pemerintah daerah untuk kebut realisasi anggaran infrastruktur pada akhir tahun ini, sehingga perekonomian Bengkulu bisa jauh lebih baik," pungkasnya.


(AHL)