Model Bisnis Prukades Bisa Atasi Kemiskinan Desa

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 08 Dec 2017 09:45 WIB
pertumbuhan ekonomiapbnekonomi indonesia
Model Bisnis Prukades Bisa Atasi Kemiskinan Desa
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Pradita Utama)

Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengklaim model bisnis Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) mampu atasi kemiskinan di desa-desa. Sebab salah satu faktor penyebab desa miskin adalah tidak tersedianya akses pasar di desa.

"Dengan model Prukades, saya panggil bupati untuk menentukan maksimal tiga produk unggulan. Karena kalau lebih akan tidak fokus. Dengan Prukades itu kita hubungkan ke-19 kementerian/lembaga. Itu saja tidak cukup, kita panggil pengusaha,' kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis 7 Desember 2017.

Menurutnya geliat ekonomi desa akan menjadi satu modal besar yang kuat untuk menunjang ekonomi perkotaan. Tak hanya itu, ekonomi perdesaan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi negara mengingat desa memiliki area yang jauh lebih luas dibandingkan kota, serta lebih dari separuh penduduk Indonesia berada di desa.

"Nah, kalau lebih dari separuh masyarakat kita di desa ini kita berdayakan ekonominya, ini akan menjadi satu modal yang sangat kuat untuk menunjang ekonomi di kota-kota," ujar dia.

Terkait hal tersebut, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Ahmad Erani Yustika menambahkan, Prukades dilakukan sebagai program yang mendorong pengembangan kawasan perdesaan.

Prukades bertujuan untuk membangun kolaborasi agar pengembangan sumber daya ekonomi menjadi lebih optimal. Jika hanya dikembangkan satu per satu desa, produk unggulan dikhawatirkan tidak memenuhi skala ekonomi.

"Yang dimaksud kawasan perdesaan adalah adanya desa-desa membangun kolaborasi untuk membangun optimalisasi sumber daya ekonomi di wilayah tersebut. Dua desa, lima desa, sepuluh desa, atau 20 desa bergabung membangun konsensus untuk mengembangkan ekonominya," kata Erani

Skala Ekonomi Jadi Permasalahan Pengembangan Ekonomi Desa

Erani menambahkan, masalah utama pengembangan ekonomi desa adalah persoalan skala ekonomi. Sehingga kolaborasi desa-desa yang tergabung menjadi kawasan perdesaan diharapkan mampu memproduksi komoditas unggulan yang memungkinkan masuk ke dalam industri manufaktur.

Di situ lah nilai tambah ekonomi itu sedang diupayakan, diikhtiarkan, sehingga kesejahteraan menjadi lebih terbuka," imbuh Irani.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA