Membiayai 31 Proyek Indonesia

Total Utang Indonesia dari JICA Rp84 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:47 WIB
indonesia-jepang
Total Utang Indonesia dari JICA Rp84 Triliun
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Jakarta: Badan Kerja sama Internasional Jepang (JICA) menjadi salah satu lembaga multilateral yang jadi sumber pinjaman dalam membantu pembangunan di Indonesia.

Hingga Oktober 2017, ada 31 pinjaman kegiatan on-going yang diberikan Pemerintah Jepang melalui JICA dengan nilai komitmen sebesar 565,75 miliar yen atau setara dengan Rp69 triliun atau USD5,1 miliar.

"JICA di sekitar USD5 miliar sepertinya ya standing so far," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu 15 November 2017.

Angka tersebut belum termasuk pinjaman yang baru saja ditandatangani untuk dua proyek yakni pengembangan world class university with entrepreneurial spirit di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pembangunan Pelabuhan Patimban fase pertama dengan total nilai sebesar 127,216 miliar yen atau setara dengan Rp15,2 triliun.

Jika digabungkan dengan kedua pinjaman tersebut, maka jumlahnya menambah besaran nilai komitmen pinjaman yang telah ada menjadi sekitar Rp84,2 triliun.

Wakil Presiden Senior JICA Shinya Ejima mengatakan akan ada komitmen kerja sama yang nantinya akan diberikan lagi di tahun depan, namun saat ini masih dirundingkan.

"Saat ini masih ada proyek yang sedang dirundingkan," tambah Shinya.

 


(AHL)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA