UOB Prediksi Ekonomi Indonesia Sentuh 5,3% di 2018

Desi Angriani    •    Kamis, 22 Feb 2018 13:43 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiarapbn 2018
UOB Prediksi Ekonomi Indonesia Sentuh 5,3% di 2018
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Pradita Utama)

Jakarta: PT Bank UOB Indonesia memperkirakan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 mencapai 5,3 persen. Angka itu lebih rendah dari proyeksi pemerintah yang sebesar 5,4 persen. Meski demikian, diharapkan sejumlah sentimen positif bisa terus berdatangan dan memaksimalkan laju pertumbuhan ekonomi.

Senior Vice President Economic Research Head Finance and Corporate Services Enrico Tanuwidjaja menuturkan proyeksi tersebut didasari pada beberapa faktor seperti peningkatan konsumsi swasta, pertumbuhan pembelanjaan investasi, dan peningkatkan kinerja ekspor yang berkelanjutan.



"Proyeksi pertumbuhan ekonomi 5,3 persen pada 2018," katanya, dalam diskusi perekonomian Indonesia 2018, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis, 22 Februari 2018.

Enrico mengungkapkan permintaan konsumsi swasta ditopang oleh pagelaran pilkada serentak, perhelatan Asian Games 2018, dan pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali. Momen tersebut bakal mendongkrak konsumsi khususnya di sektor perhotelan dan swasta.



"Ini pasti konsumsi hotel dan tourism naik," imbuh dia.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi global, perbaikan harga komoditas, dan berbagai program infrastruktur domestik diyakini akan mendukung momentum pertumbuhan ekonomi tahun depan.



Adapun proyeksi angka inflasi di akhir  2018 menjadi 4,2 persen secara tahunan (year on year/yoy). Prediksi tersebut naik dari tahun sebelumnya karena dipicu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Rupiah diproyeksikan menyentuh ke bawah di level Rp13.500 per USD dengan suku bunga 7 Days Repo Rate naik 0,25 bps menjadi 4,5 persen.

 


(ABD)