Menkeu Nilai Korupsi di Ditjen Pajak Sudah Tidak Sistemik

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 06 Dec 2017 10:33 WIB
pajakperpajakanditjen pajakdirjen pajak
Menkeu Nilai Korupsi di Ditjen Pajak Sudah Tidak Sistemik
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan penilaian pada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai institusi yang menjunjung tinggi semangat antikorupsi. Hal itu perlu terus ditegakkan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak di masa mendatang.

Dalam acara peringatan hari antikorupsi internasional yang digelar di DJP Kemenkeu, Ani, sapaan akrabnya mengatakan, banyak perkembangan positif dalam semangat antikorupsi yang dilakukan DJP Kemenkeu dalam jangka waktu 10 tahun terakhir.

Dalam kurun waktu tersebut, kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, jika dinilai dalam angka 1-10 maka DJP Kemenkeu saat ini berada pada nilai tujuh. "Menurut saya sekarang sudah di angka tujuh," kata Ani, di Kantor Pusat DJP Kemenkeu, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Desember 2017.



Penilaian tersebut didasari pada pandangan bahwa korupsi di DJP Kemenkeu saat ini bukan hal yang sistemik. Artinya korupsi tidak diperbolehkan dalam sistem kelola DJP Kemenkeu. "Kalau disistemkan kan berarti sistem membuat dan memperbolehkan pegawai DJP Kemenkeu untuk korupsi. Tapi sekarang tidak lagi," tegas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memberikan penilaian yang sedikit lebih tinggi dari Ani yakni memberikan nilai 7,5. "Saya melihat 7,5. Kalau penilaiannya kolektif kolegial saya tanya sama pimpinan lain tapi saya kira enggak jauh dari itu," pungkas Saut.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA